Jurnalis TV tewas ditembak saat meliput penembakan

Biografi stasiun Lyons mengatakan salah satu kisah paling berpengaruh yang dia liput ialah tentang pembunuhan gadis berusia 13 tahun.

Sheriff Orange County John Mina mengadakan konferensi pers tentang penembakan hari Rabu di Orlando. Foto Ricardo Ramirez Buxeda-Orlando Sentinel via AP

Dylan Lyons, seorang jurnalis televisi, ditembak saat meliput insiden penembakan di Orlando, Florida. Kolega dan orang-orang terkasih yang mengenalnya berduka atas kehilangan.

Stasiun berita televisi Spectrum News 13 mengingat sosok berusia 24 tahun itu sebagai "seorang profesional yang termotivasi dan berbakat yang menjalani mimpinya di Orlando" dan "tidak akan dilupakan."

Lyons, warga asal Philadelphia, telah tinggal di Florida sejak kuliah dan mulai bekerja di stasiun tersebut sebagai jurnalis multimedia pada Juli 2022, menurut biografinya. Dikatakan perjalanannya menuju profesi "didorong oleh keinginannya untuk menceritakan kisah-kisah yang berdampak pada komunitas lokal."

Dia salah satu kru berita yang meliput di perumahan Pine Hills tentang penembakan fatal atas seorang wanita berusia 20-an yang terjadi pada hari Rabu (22/2) lalu. Hari itu berakhir dengan dua orang tewas dan dua luka parah.

Otoritas Orange County mengatakan tersangka dalam pembunuhan pertama kembali ke tempat kejadian dan melepaskan tembakan, mengenai dua wartawan, yang diidentifikasi oleh Spectrum News 13 sebagai Lyons dan jurnalis foto Jesse Walden. Pelaku kemudian berjalan ke rumah terdekat dan menembak seorang wanita dan putrinya yang berusia 9 tahun, yang juga meninggal.