Inilah tuntutan massa aksi pada hari ini

Momentum Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, merupakan saat tepat untuk menyampaikan aspirasi. 

Massa aksi yang terdiri dari buruh, mahasiswa, aktivis, dan termasuk sejumlah wartawan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menutupi sebagian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.Alinea.id/Akbar Ridwan

Massa aksi yang terdiri dari buruh, mahasiswa, aktivis, dan termasuk sejumlah wartawan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menutupi sebagian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Massa membawa 7+1 aspirasi tentang reformasi dikorupsi. Aksi ini sekaligus meramaikan momentum Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini.

Ketua Komisariat Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Universitas Bung Karno (UBK) Kevin Zanderz, mengatakan, momentum Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, merupakan saat tepat untuk menyampaikan aspirasi. 

"Makanya kami (mahasiswa) bersama buruh, bersatu untuk menyampaikan hak-hak yang sebelumnya sudah dilanggar," kata Kevin saat ditemui dikerumunan massa, Jakarta, Senin (28/10).

Aspirasi 7+1 yang disuarakan massa sebagai berikut:

1. a. Cabut dan kaji ulang RKUHP, RUU Pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan, dan UU SDA.