Mahfud MD ancam menyeret kasus BLBI ke ranah pidana

Menyeret ke ranah pidana di luar kasus Sjamsul Nursalim, Itjih Nursalim, dan mantan Kepala BPPN, Syafruddin Tumenggung.

Menko Polhukam, Mahfud MD. Alinea.id/Akbar Ridwan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengancam, akan menyeret pelaku kasus bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI) ke ranah pidana. 

Namun, kemungkinan menyeret ke ranah pidana tersebut di luar kasus Sjamsul Nursalim, Itjih Nursalim, dan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Tumenggung.

"Sesudah kami rapatkan, bukan tidak mungkin nanti ada pidana, tetapi bukan karena SKL (surat keterangan lunas), pidananya apa, misalnya memberi jaminan tanahnya ke negara ternyata tanah orang lain, memberi surat pernyataan ternyata palsu," ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/4).

Dia menjelaskan, seorang pemegang jaminan dalam kasus BLBI ini digugat pihak ketiga dan dibawa ke pengadilan. Namun, kalah dalam pengadilan, sehingga jaminan tersebut beralih kepemilikan. "Nah, tentu diharapkan kepada mereka yang merasa punya hutang dan kami punya catatannya, secara sukarela ke kementerian keuangan untuk melaporkannya, karena pemerintah kalau bisa dieksekusi sekarang, maka akan segera dieksekusi," tutur Mahfud.

Perburuan aset tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI pada Selasa (6/4). Di dalam Keppres tersebut, Presiden Jokowi menugaskan lima menteri, Jaksa Agung, dan Kapolri untuk melakukan penagihan dan memproses semua jaminan agar segera jadi aset negara.