Pemerintah tetapkan 5 pahlawan nasional baru, siapa saja?

Penganugerahan gelar pahlawan diberikan di Istana Negara pada Senin, 7 November 2022 melalui upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Menko Polhukam Mahfud MD dalam keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). Foto istimewa

Pemerintah menetapkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh pejuang kemerdekaan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penetapan ini disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD dalam keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (3/11).

"Hari ini, Presiden bersama Dewan Gelar dan Tanda-tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menko Polhukam, memutuskan memberi gelar pahlawan nasional kepada putra-putra terbaik bangsa yang telah wafat karena jasa-jasanya kepada bangsa dan negara," kata Mahfud.

Penganugerahan gelar pahlawan diberikan di Istana Negara pada Senin, 7 November 2022 melalui upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional di antaranya Dr. dr. HR Soeharto dari Jawa Tengah. Soeharto merupakan dokter yang merawat dan mendampingi Presiden Soekarno.

Kemudian, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta juga dianugerahi gelar pahlawan nasional. Paku Alam VIII merupakan mantan Wakil Gubernur DIY yang turut berjasa sebagai penggerak perjuangan kemerdekaan di Yogyakarta bersama Sultan Hamengkubuwono ke-IX.