Polisi amankan empat bom molotov dari massa aksi 22 Mei

Empat bom molotov ditemukan dalam bagasi mobil rombongan massa aksi 22 Mei yang tengah menuju Jakarta.

Polisi berpakaian sipil mengawal sejumlah orang menuju bus polisi di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/5)./ Antara Foto

Aparat Polda Jawa Timur (Jatim) mengamankan empat botol yang diduga bom molotov, dari rombongan massa aksi 22 Mei yang tengah dalam perjalanan menuju Jakarta. Botol berisi bahan bakar dan diberi sumbu, ditemukan dalam bagasi mobil Elf saat melintas di Jembatan Suramadu. 

Benda tersebut ditemukan saat polisi mencurigai bau menyengat di salah satu dari tiga mobil elf rombongan tersebut. Polisi kemudian melakukan pemeriksaan terhadap 54 orang penumpang dari rombongan.

"Saat pemeriksaan pukul 13.00 WIB, kita lihat ada benda yang mencurigakan. Saat ini sedang didalami oleh tim penyidik dengan memeriksa satu persatu, dari mana asal usul barang tersebut," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (20/5).

Luki belum memastikan daya ledak benda yang diduga bom molotov tersebut. Selain 4 botol, polisi juga menemukan satu kotak mencurigakan yang saat ini masih dalam pemeriksaan.

Luki menjelaskan, rombongan tiga mobil elf tersebut berasal dari Sampang. Mereka tengah dalam perjalanan menuju Jakarta, untuk mengikuti aksi 22 Mei.