Ribuan personel TNI-Polri siap amankan demo buruh hari ini

"Kami sudah menyiapkan pengamanan. Ada 6.000 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa."

Sejumlah personel polisi dan marinir TNI AL memegang bunga saat mengamankan aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (1/10)./ Antara Foto

Ribuan anggota TNI-Polri dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam aksi unjuk rasa buruh hari ini. Massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan berdemonstrasi di depan Gedung DPR RI dan Istana Negara.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menerima surat izin aksi tersebut. Pihaknya mengimbau agar para demonstran menyampaikan aspirasinya dengan tertib sesuai aturan yang berlaku.

"Kami sudah menyiapkan pengamanan. Ada 6.000 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa," kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (2/10).

Selain itu, polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalan-jalan sekitar Gedung DPR/MPR. Pengalihan arus akan dilakukan secara situasional, jika kondisi di sekitar lokasi aksi sudah tak kondusif bagi pengguna jalan.

"Ada rekayasa lalu lintas, tapi sifatnya situasional," ujar Argo.