Kejagung: Saudara Johnny G Plate keluar negeri dibiayai BAKTI

Gregorius Aleks Plate, saudara Menteri Johnny G Plate, diperiksa karena kerap bepergian ke luar negeri dengan anggaran BAKTI.

Kejaksaan Agung. Dok Kejagung.

Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung (JAM Pidsus Kejagung) memeriksa Greorius Aleks Plate, saudara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate. Pemeriksaan itu dilakukan kemarin dalam kapasitas sebagai saksi di penyidikan dugaan korupsi pengadaan BTS 4G oleh BAKTI Kominfo.

Direktur Penyidikan pada JAM Pidsus Kejagung, Kuntadi, mengungkap bahwa Gregorius diperiksa karena diduga menggunakan anggaran BAKTI untuk bepergian ke luar negeri.

“Kami mendalami dia ini posisinya apa sampai bepergian ke luar negeri dengan anggaran BAKTI. Kalau di struktur, tidak ada nama dia,” ujar Kuntadi kepada Alinea.id, Kamis (26/1) malam.

Kuntadi menjelaskan, pihaknya bahkan tidak menemukan nama Gregorius Aleks Plate sebagai Staf Khusus Menkominfo seperti pada pemberitaan dua tahun lalu. Oleh karenanya, penyidik akan mendalami dalam kapasitas apa saudara kandung Johnny G Plate itu mendapatkan fasilitas keberangkatan ke luar negeri dari anggaran BAKTI.

Ditambahkan Kasubdit Penyidikan pada JAM Pidsus Kejagung, Haryoko Ari Prabowo, pemeriksaan terhadap Gregorius Aleks Plate baru pertama kali dilakukan Kamis (26/1) kemarin. Sangat berpeluang pemeriksaan kedua kalinya dilakukan.