OPINI: Menyibak visi STY di timnas senior

Tidak perlu kontrak baru, sebab force majeure tersebut, sehingga cukup menyepakati addendum saja. Tapi itu jelas urusan STY dan PSSI semata.

Shin Tae-yong. Foto PSSI

Jika kontrak kepelatihannya diperpanjang PSSI, Shin Tae-yong bisa menjajal keahlian manajerial sejatinya di Piala Asia 2023. Turnamen itu akan digelar di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Terhitung delapan bulan mendatang, segalanya masih mungkin berubah. Sementara durasi kontrak STY berakhir Desember 2023. Kelanjutannya membesut tim nasional hingga kini belum dipastikan, namun Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah memberi sinyal kencang.

Setelah direkrut PSSI 28 Desember 2019, STY praktis tidak sempat menangani timnas senior selama satu tahun kemudian, karena wabah COVID-19 yang resmi diumumkan Indonesia pada 2 Maret 2020.

Dalam hukum kontrak, PSSI dan STY mengalami 'force majeure' selama masa kedaruratan pandemi COVID-19. Tapi, entah PSSI mencantumkan klausul ini dalam kontrak kepelatihan STY atau tidak.

Penyebaran wabah COVID-19 di Indonesia sejak 2 Maret 2020 sampai pembatasan sosial dicabut pada 30 Desember 2022. Merujuk pada peristiwa atau keadaan luar biasa itu di luar kontrol para pihak, baik PSSI maupun STY, mestinya kontrak STY ditambah setahun lagi.