DPR dan KPU gelar rapat pekan depan, ini yang dibahas

RDP secara khusus mematangkan hasil rapat konsiyering antara Komisi II DPR, KPU, Bawaslu dan Kemendagri pada pekan lalu.

Suasana rapat di Komisi II DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: dpr.go.id/Jaka/mr.

Komisi II DPR, pemerintah dan penyelenggara pemilu akan menggelar rapat dengar pendapat (RPD) untuk membahas anggaran dan pelaksanaan Pemilu 2024 pada Selasa (30/5).

"Kalau untuk pemilu, seusai dengan rapat internal kita agendakan pada 30 Mei," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Nasdem Saan Mustopa kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5).

Menurut Politikus Nasdem ini, RDP secara khusus mematangkan hasil rapat konsiyering antara Komisi II DPR, KPU, Bawaslu dan Kemendagri pada pekan lalu. Kata dia, DPR nantinya akan meminta KPU menyampaikan hasil simulasi terhadap salah satu tahapan penting Pemilu 2024 yakni durasi kampanye yang sudah disepakati 75 hari.

"Simulasinya seperti apa? Kalau kampanye 75 hari KPU mesimulasikan seperti apa? Apakah memang KPU secara teknis memungkinkan dengan kampanye 75 hari," ucap dia.

Lebih lanjut, Saan meyakini RDP sangat memungkinkan bisa dilaksanakan dalam satu kali rapat. Sebab, Komisi II DPR RI bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu sudah melakukan konsinyering.