Mahfud MD minta maaf terkait provinsi garis keras

Mahfud MD akhirnya meminta maaf terkait pernyataan provinsi garis keras yang dimenangkan oleh Prabowo-Sandi.

Mahfud MD akhirnya meminta maaf terkait pernyataan provinsi garis keras yang dimenangkan oleh Prabowo-Sandi. / Antara Foto

Mahfud MD akhirnya meminta maaf terkait pernyataan provinsi garis keras yang dimenangkan oleh Prabowo-Sandi.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD meluruskan pernyataan dirinya yang menjadi kontroversi beberapa waktu terakhir. Menurut dia, garis keras artinya adalah orang yang memiliki sikap konsisten, tidak mau didikte dan enggan kompromistis.

Menurut Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu menuturkan, garis keras tidak sama dengan radikalisme, ekstremis, dan pemberontak. Garis keras yang dia maksud adalah memiliki pendirian yang kokoh. 

"Kalau isu itu dianggap dengan pengertian lain ya silakan. Saya pengertiannya garis keras itu seperti saya, disiplin dan tidak mau dipengaruhi. Saya hormat kepada orang Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan. Saya enggak akan bicara lagi, minta maaf. Kalau bagi yang salah memahami, saya minta maaf," ujar Mahfud MD dalam sebuah wawancara di stasiun televisi TV One, Selasa (30/4) malam.

Bagi Mahfud, garis keras itu bagus. Dalam agama terdapat garis keras dan lunak. Keduanya sama-sama memiliki dalil dalam beragama dan bernegara.