Hasto: Dengan proporsional tertutup, PDIP banyak lahirkan pemimpin dari rakyat biasa

Dengan proporsional tertutup, terbukti PDI Perjuangan mampu melahirkan banyak pemimpin yang berasal dari kalangan rakyat biasa," kata Hasto.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Foto Antara

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, pihaknya menghormati sikap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang condong mendukung proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024. Menurut Hasto, perbedaan pandangan merupakan bagian dari iklim demokrasi.

"Perbedaan dalam cara pandang harus dilihat sebagai bagian dari iklim demokrasi. Pemerintah mungkin melihat demokrasi presidensil memerlukan sarat dukungan 50 persen plus 1 di parlemen. Sehingga kami bisa memahami sikap pemerintah," ujar Hasto kepada wartawan, Sabtu (28/1).

Menurut Hasto, PDIP meyakini, Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengambil keputusan atas judicial review bukan berdasarkan opini pendapat banyak orang, melainkan berdasarkan sifat kenegarawanan dari hakim MK. Selain itu, kata dia, PDIP melakukan judicial review karena memiliki legal standing. 

Tapi sikap politik kebenaran kami sampaikan, bahwa dengan proporsional tertutup, terbukti PDI Perjuangan mampu melahirkan banyak pemimpin yang berasal dari kalangan rakyat biasa," kata Hasto.

"Bambang Pacul, Pramono Anung, Ario Bimo, Alm Tjahjo Kumolo, Arif Wibowo, Budiman Sudjatmiko, Ganjar Pranowo dan lain-lain, semua lahir dari proporsional tertutup," imbuhnya.