Megawati: Berpolitik ibarat berdansa

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengibaratkan berpolitik seperti berdansa.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Foto tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengibaratkan berpolitik seperti berdansa. Hal itu disampaikan Megawati setelah pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) dan rombongan, di kantor PDIP, Jumat (2/6).

"Berpolitik itu sebenarnya asyik, seperti berdansa," ujar Megawati. 

Menurut Megawati, berdansa harus melihat terlebih dahulu kecocokan pasangan yang akan diajak dansa. Juga, gerakan dansa yang akan dilakukan harus enak. Hal yang sama juga terjadi dalam berpolitik. 

"Oleh karena itu, saya mengamati dulu bagaimana. Ternyata banyak partai membuat perkumpulan seperti KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), jadi ya saya monggo saja karena itu kan enggak bisa dipaksa-paksa untuk gabung dengan kami (PDIP). Misal saya bilang ke PAN ayo ke sini, kalau PAN-nya enggak mau ya sama saja, cuma capek-capek. Ya sudah, duduk saja, nanti mereka datang," tutur Megawati. 

Megawati menyebut pihaknya bersikap terbuka terhadap partai politik lain yang ingin bergabung. Yang penting, ujarnya, partai politik tersebut memiliki prinsip yang sama sesuai ideologi negara yaitu Pancasila.