Seberapa sakti nomor urut caleg di Pemilu 2024? 

Berbasis hasil Pemilu 2019, sekitar 60% caleg yang lolos jadi anggota DPR RI mengantongi nomor urut teratas.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyerahkan dokumen daftar bacaleg PSI kepada Ketua KPU Hasyim Ashari di Gedung KPU, Jakarta Pusat, 14 Mei 2023. /Foto Instagram @psi_id

Setahun menjalani proses pencalegan di Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Joedea Aris Theofilus makin fasih menggunakan kosakata warga dan Jakarta. Ditempatkan di daerah pemilihan Jakarta 4 yang meliputi Pulo Gadung, Matraman dan Cakung, Joedea yakin bisa lolos menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. 

"Dari serangkaian tes, saya usahakan jelaskan kenapa saya pantas bertarung di dapil ini karena saya punya modal sosial yang cukup di Jakarta 4," kata Joe, sapaan akrab Joedea, saat berbincang dengan Alinea.id, Senin (15/5).

Joe optimistis bisa menaklukkan dapil Jakarta 4 karena berdomisili di kawasan itu. Meski begitu, ia berharap PSI bakal memberikan nomor urut cantik kepadanya. Ia merasa sebagian besar pemilih masih kerap mencoblos nomor urut teratas saat membuka surat suara. 
 
"Saya masih menunggu sampai daftar caleg tetap. Tetapi, nomor berapa pun saya siap memenangkan PSI," ucap juru bicara DPP PSI itu. 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSI Satia Chandra Wiguna berkata bila PSI sudah memiliki mekanisme khusus untuk menentukan nomor urut caleg mereka. Sebelum menyusun nomor, PSI menggelar proses uji kelayakan dan kepatutan bagi caleg. 

"Bobot nilai dari uji kelayakan itu menjadi penentu nomor urut. Kemudian diserahkan bobot penilaian itu kepada teman-teman DPW. Semua bakal caleg dikumpulkan di dapil tertentu," kata Chandra kepada Alinea.id, Senin (21/5).