sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bapanas akan memaksimalkan peran Bulog

Dengan begitu, Bulog dapat melakukan stabilisasi bila terjadi lonjakan harga.

Edo Sugiyanto
Edo Sugiyanto Kamis, 14 Apr 2022 14:49 WIB
Bapanas akan memaksimalkan peran Bulog

Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan memaksimalkan peran Bulog untuk melakukan cadangan pangan selain beras. Hal itu untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Secara kelembagaan, Bapanas berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Bapanas melaksanakan tugas dan pemerintahan di bidang pangan. Bapanas selanjutnya menyelenggarakan fungsi, antara lain kordinasi, perumusan, penetapan kebijakan ketersediaan pangan dan harga pangan.

Menurut Plt Deputi Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas Risfaheri, kebijakan Bapanas ke depan adalah bisa memperkuat cadangan pangan pemerintah, sekaligus memperkuat stok pangan nasional.

"Artinya kita mempunyai cadangan pangan yang cukup dan stok pangan yang cukup. Tentu pemerintah bisa melakukan langkah-langkah stabilisasi pasokan maupun selisih harga,” kata Risfaheri pada webinar Bapanas seri-3 yang dipantau secara online. Kamis (14/4).

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional memiliki kewenangan mengelola sembilan komoditas pangan yaitu beras, jaging, kedelai, gula konsumsu, bawang, telur unggas, daging ruminasia (hewan pemamah biak), daging unggas serta cabai. 

“Jadi kalau kita lihat sekarang, dari sembilan komoditas yang dimandatkan kepada Bapanas, komoditas yang paling stabil adalah beras. Karena Bulog memiliki cadangan yang cukup. Kita mempunyai cadangan beras di Bulog sehinga pemeritah bisa melakukan langkah-langkah stabilisasi pasokan maupun harga beras,” kata dia.

Itulah sebabnya, Bapanas akan mengoptimalkan peran Bulog dengan membuat cadangan pangan lain selain beras. Misalkan saja terhadap komoditas jagung dan kedelai. Dengan begitu, Bulog dapat melakukan stabilisasi bila terjadi lonjakan harga.

Hal itu juga terkait dengan sejumlah fungsi Bapanas, antara lain koordinasi, perumusan, dan penetapan kebijakan ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, kerawanan pangan dan gizi, penganekaragaman konsumsi pangan, dan keamanan pangan.

Sponsored

“Adanya Bapanas selain amanat undang-undang, juga bagaimana negara melalui undang-undang yang dibuat pemerintah dan DPR itu, meletakan pangan sebagai sesuatau yang jauh lebih penting dari pada sebelumnya,” kata Ketua Dapartemen Sosial Ekonomi Pertanian UGM Jangkung Handoyo Mulyo.

Berita Lainnya
×
tekid