sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BI fokus pada tiga aspek untuk pemulihan ekonomi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan perlu dilakukan transformasi untuk bisa pulih bersama.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Senin, 14 Feb 2022 11:18 WIB
BI fokus pada tiga aspek untuk pemulihan ekonomi

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun terakhir berdampak ke semua sektor, termasuk di sektor ekonomi. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan perlu dilakukan transformasi untuk bisa pulih bersama.

Dalam acara Casual Talks On Digital Payment Innovation Of Banking, dia mengatakan untuk bisa pulih, pihaknya akan fokus pada tigal hal. Yakni, melakukan kerja sama dengan global mengatasi masalah kesehatan.

"Kerja sama vaksinasi dalam kesehatan. Sehingga berbagai kegiatan bisa kembali bergerak," ungkapnya, Senin, (14/2).

Kemudian, transformasi ekonomi menuju ekonomi dan keuangan hijau. Perlu melakukan transisi energi yang berkelanjutan. Dan selanjutnya adalah transformasi digital.

"Ini adalah tiga aspek untuk pulih bersama dan menjadi lebih kuat," lanjutnya.

Perry menekankan diperlukannya kerja sama untuk mengatasi pandemi ini. Sehingga bisa pulih bersama dan mendorong kembali mobilisasi masyarakat.

"Pembangunan ekonomi berkelanjutan, terjemahan baru ekonomi global, tentu saja, kita perlu bekerja sama untuk itu," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan digitalisasi menjadi salah satu agenda. Berbicara mengenai normalisasi, mengatasi efek yang dialami korporasi, inklusi keuangan, keuangan dan ekonomi hijau, dan perpajakan internasional.

Sponsored

"Kami berbicara tentang digitalisasi tentang keuangan dan tentu saja kami berbicara tentang normalisasi," jelasnya.

Menurutnya integrasi ekonomi dan keuangan digital perlu dilakukan. Mulai dari perbankan, financial technology, dan e commerce perlu diintegrasikan. Digitalisasi sistem layanan pembayaran menjadi inti dari ekosistem tersebut.

Berita Lainnya
×
tekid