sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Harga BBM naik, jumlah penumpang kereta api meningkat

Peningkatan ini sesuai dengan harapan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum.

Gempita Surya
Gempita Surya Kamis, 15 Sep 2022 08:40 WIB
Harga BBM naik, jumlah penumpang kereta api meningkat

Okupansi transportasi publik meningkat seiring naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) per 3 September 2022. Ini seperti yang terjadi pada jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ).

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Joni Martinus, mengungkapkan, pihaknya melayani 593.471 pelanggan KAJJ atau rata-rata 84.782 pelanggan/hari pada 4-10 September. Angka tersebut naik 3% dibandingkan pekan sebelumnya, 28 Agustus-3 September 2022, yang 573.176 pelanggan atau rerata 81.882 pelanggan/hari.

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang kereta api dalam beberapa pekan terakhir ini sesuai harapan pemerintah, yang mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum.

"Kereta api memiliki peran yang besar dalam melestarikan lingkungan dan menyediakan mobilitas bagi masyarakat. KAI bersama-sama seluruh stakeholder akan terus mengembangkan layanan kereta api agar kereta api semakin maju dan dapat memberikan nilai lebih secara berkelanjutan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (15/9).

Disampaikan Joni, kereta api memiliki keunggulan berupa efisiensi ruang dan energi. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), emisi yang dihasilkan kereta api jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil atau pesawat. Dalam 200 mil perjalanan, mobil atau pesawat menghasilkan emisi 5 kali lipat daripada kereta api. 

Selain itu, imbuh Joni, layanan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta, dan lintas rel terpadu (LRT) Sumatera Selatan merupakan bagian dari transportasi ramah lingkungan dengan menggunakan sumber energi listrik bebas emisi. Ke depannya, akan hadir kereta berenergi listrik pada LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Sementara itu, efisiensi ruang tecermin dari perjalanan kereta komuter. Setiap rangkaian KRL terdiri dari 8-12 gerbong dengan kapasitas maksimal 3.000 pelanggan sebelum pandemi. Jumlah tersebut menggantikan penggunaan 428 mobil pribadi dan 1.500 motor.

Joni menambahkan, KAI berkomitmen memberikan manfaat yang maksimal melalui layanan kereta api. Diharapkannya, masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin angkutan kereta api untuk perjalanan jarak jauh ataupun komuter.

Sponsored

"Dengan beralihnya pengguna kendaraan pribadi ke kereta api, maka akan dapat mengurangi angka kecelakaan, kemacetan, emisi gas buang kendaraan serta mengefisienkan waktu dan tenaga," tandas Joni.

Berita Lainnya
×
tekid