close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan harga miring tiket kereta api (KA) jarak jauh dari Jakarta hingga 3 Mei 2023. Dokumentasi PT KAI (Persero)
icon caption
PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan harga miring tiket kereta api (KA) jarak jauh dari Jakarta hingga 3 Mei 2023. Dokumentasi PT KAI (Persero)
Bisnis
Rabu, 26 April 2023 14:11

KAI beri harga miring tiket KA jarak jauh dari Jakarta hingga 3 Mei

Tarif rendah berlaku untuk kelas ekonomi hingga eksekutif. Ketersediaan tiket bisa dicek melalui berbagai kanal resmi.
swipe

Pengguna layanan kereta api (KA) yang akan melakukan perjalanan dari area Daop 1 Jakarta bisa memperoleh harga miring untuk keberangkatan setelah Lebaran hingga 3 Mei 2023.

Program tarif rendah pada arus balik Lebaran ini merupakan tindak lanjut atas imbauan pemerintah agar masyarakat tak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24-25 April. Harga miring ini berlaku untuk seluruh keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Jakarta ke berbagai tujuan.

"Tarif rendah tersebut berlaku untuk kelas ekonomi hingga kelas eksekutif dengan besaran tarif terendah untuk kelas ekonomi mulai dari Rp150.000, eksekutif Rp330.000, dan bisnis Rp280.000," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Rabu (26/4).

Masyarakat sudah dapat melakukan pemesanan tiket dengan tarif rendah tersebut. Ketersediaan tiket dapat dicek melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh mitra penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk KAJJ ke berbagai tujuan untuk keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta untuk tanggal 27 April sampai dengan 3 Mei tinggal tersisa sekitar 173.000 tempat duduk," tuturnya.

Di sisi lain, volume penumpang yang meninggalkan Jakarta masih tinggi hingga H+3 Lebaran atau Selasa (25/4). Bahkan, sekitar 30.000 orang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada hari ini.

"Pada 26 April 2023, okupansi penumpang masih cukup tinggi, yakni 70% dari total ketersediaan tempat duduk," ucap Eva.

Eva memerinci, sekitar 22.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen menggunakan 32 KA yang beroperasi. Adapun total penumpang yang pergi menggunakan 38 KA via Stasiun Gambir pada hari ini mencapai 11.000 penumpang.

"Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung," paparnya.

Di sisi lain, Eva mengimbau penumpang datang lebih awal ke stasiun. Minimal 1 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari penumpang tertinggal perjalanan kereta yang telah dipesan.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Gempita Surya
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan