sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Melemah tipis, IHSG ditutup turun ke level 6.039

Saham Bank BRI, Bank Mandiri, dan Vale Indonesia menjadi tiga saham yang paling banyak diborong asing di pasar reguler.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 08 Jul 2021 17:01 WIB
Melemah tipis, IHSG ditutup turun ke level 6.039

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,07% ke level 6.039 pada perdagangan Kamis (8/7).

Tercatat sebanyak 18,2 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp11,8 triliun. Sebanyak 194 saham naik ke zona hijau dan 288 saham turun ke zona merah. 

Investor asing mencatatkan beli bersih di seluruh pasar senilai Rp132 miliar dan senilai Rp162 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), dan PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli investor asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, sentimen datang dari Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto yang menyampaikan, momentum eskpor dan geliat manufaktur harus terus dijaga, melihat kondisi yang masih tetap ekspansif yang tercermin dari PMI Manufaktur. 

Sponsored

Oleh karena itu, sektor manufaktur menjadi sektor prioritas yang dijaga pertumbuhannya oleh pemerintah dalam penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Airlangga optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021 masih bisa mencapai 7%. Sehingga, secara agregat pertumbuhan tersebut bisa mendorong angka pertumbuhan di semester I-2021 di sekitar 3,3%. 

Meski begitu, Airlangga menyatakan pertumbuhan ekonomi akan membaik jika penanganan Covid-19 dan penyebarannya bisa terkendali. Meskipun sudah direvisi, pertumbuhan ekonomi di 2021 akan tergantung pada sejauh mana laju penyebaran varian Delta di Indonesia bisa ditangani dengan baik.

Berita Lainnya