sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

OJK uji coba keandalan 46 fintech di regulatory sandbox

Pengujian ini merupakan tahap yang dilalui agar fintech terdaftar secara resmi di OJK. 

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Jumat, 19 Jul 2019 18:04 WIB
OJK uji coba keandalan 46 fintech di regulatory sandbox

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menguji keandalan 46 perusahaan financial technology (fintech) melalui tahapan regulatory sandbox. Pengujian ini merupakan tahap yang dilalui agar fintech terdaftar secara resmi di OJK. 

"Ada dua tahapan dalam proses ini. Tahapan pertama, terdapat sebanyak 34 fintech. Tahap kedua, sebanyak 13 fintech," kata Kepala Group Inovasi Keuangan Digital OJK, Triyono Gani dalam paparannya di Gedung OJK, Jakarta, Jumat (19/7).

Di tahap satu, yang berhasil melampaui proses administrasi ada sebanyak 34, kemudian 23 fintech jadi sampel. Triyono mengatakan tidak semua pemohon menjadi sampel karena jumlah pendaftar sangat banyak.

“Juga masalahnya adalah bisnis proses mirip satu sama lain, jadi tidak perlu lakukan hal yang sama dua kali,” kata dia.

Triyono menjelaskan pengujian terhadap fintech ini harus dilakukan guna mewadahi inovasi keuangan digital yang tengah berkembang dan menghindari agar tidak terjadi destruksi keuangan di sektor industri keuangan digital (IKD). 

"OJK punya kewajiban untuk mewadahi inovasi ini dan tentu saja memagari sektor keuangan. Caranya mengendalikan karena tidak dapat dibendung yakni dengan aturan main," katanya.

Fintech yang memasuki tahap regulatory sandbox berasal dari berbagai sektor, di antaranya sektor pasar modal, asuransi, perencanaan keuangan hingga pembiayaan.

Ke depan, kata Triyono, OJK juga mengantisipasi tumbuhnya jenis fintech baru akibat berkembangnya dunia digital.

Sponsored

Beberapa fintech yang menjalani uji keandalan dari OJK di antaranya, dari sektor aggregator yaitu Cermati, Alami, Money Z, Dokterdana, KPR Academy, Gobear, Cashcash Pro, Kreditpedia, Pinjamania, Cekaja. Dari sektor credit scoring yaitu Trusting Sosial Indonesia, Acura Labs, Avatec. Dari sektor financing agent yaitu Vospay, Bantoe.id dan Hijra.

Berita Lainnya
×
tekid