sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Suprajarto menolak, Direksi tunjuk Plt Dirut baru BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menunjuk Oni Febriarto Rahardjo sebagai Plt Dirut menyusul pengunduran diri Suprajarto.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 30 Agst 2019 20:01 WIB
Suprajarto menolak, Direksi tunjuk Plt Dirut baru BTN
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menunjuk Oni Febriarto Rahardjo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank BTN menyusul pengunduran diri Suprajarto. Sebelum penunjukan ini, Oni adalah Direktur Commercial Banking di Bank BTN.

Sekretaris Perusahaan Achmad Chaerul dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id mengatakan manajemen Bank BTN menghormati keputusan mengenai perubahan pengurus perseroan. 

"Sesuai dengan Anggaran Dasar nomor 66 tanggal 23 Maret 2018 pasal 12 ayat 18, maka rapat direksi memutuskan Oni Febriarto Rahardjo yang saat ini menjabat sebagai Direktur Commercial Banking untuk menjalankan tugas sebagai Direktur Utama," kata Chaerul, Jumat (30/8).

Untuk diketahui, Oni Febriarto telah menjabat menjadi Direktur Commercial Banking sejak 24 Mei 2015. Karirnya di Bank BTN dimulai sejak tahun 1997.

Chaerul optimistis dengan formasi direksi saat ini dan dengan peran Oni Febriarto Rahardjo untuk menjalankan tugas Direktur Utama, bisnis Bank BTN tetap berjalan dengan baik.  

Sebagai perusahaan terbuka, lanjut Chaerul, Bank BTN taat azas dan sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG) akan menjalankan keputusan RUPSLB tersebut. Bisnis BTN tetap akan berjalan normal sesuai Rencana Bisnis Bank dengan dukungan seluruh pegawai BTN untuk menjalankannya.

Selain itu, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) juga menunjuk Direktur Collection & Asset Management yang baru yaitu Elisabeth Novie. Novie sendiri telah 26 tahun berada di Bank BTN dan sebelumnya pernah menjabat Kepala Divisi Asset Management.

"Kami yakin dengan posisi baru Ibu Novie ini akan lebih fokus dalam berkontribusi pada perbaikan kualitas kredit dan akan mendorong kinerja Bank BTN lebih baik kedepannya,” kata Chaerul.

Sponsored

Sebelumnya pada Kamis (29/8) kemarin Direktur Utama BTN hasil RUPSLB, Suprajarto, memilih mundur dari hasil keputusan pemegang saham tersebut. 

"Atas penetapan tersebut saya tak menerima keputusan tersebut dan memilih mengundurkan diri dari keputusan RUPSLB," kata Suprajarto di Jakarta, Kamis (29/8) malam.

Suprajarto melanjutkan, dirinya baru mengetahui ihwal pengangkatan dirinya menjadi Direktur Utama BTN setelah mendengar kabar dari media. 

"Saya sendiri baru tahu setelah membaca media. Saya tak pernah diajak bicara mengenai penetapan ini, apalagi musyawarah," ujar Suprajarto. Saat ditunjuk sebagai Dirut BTN, Suprajarto masih menjabat sebagai Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno selaku kuasa pemerintah sebagai pemegang saham pengendali, diketahui melakukan perombakan jajaran direksi dan komisaris bank pelat merah.

Berikut susunan direksi dan komisaris BTN terbaru:

Direksi
Plt. Direktur Utama : Oni Febriarto Rahardjo 
Direktur Commercial Banking : Oni Febriarto Rahardjo
Direktur Consumer Banking : Budi Satria
Direktur Compliance : R. Mahelan Prabantarikso
Direktur Collection, Aset Management : Elisabeth Novie
Direktur Distribution & Network : Dasuki Amsir
Direktur Strategic & Human Capital : Yossi Istanto
Direktur IT & Operation : Andi Nirwoto
Direktur Finance, Treasury & Strategy : Nixon L.P Napitupulu
  
Komisaris
Komisaris Utama : Asmawi Syam
Komisaris : Iman Sugema
Komisaris : Eko Djoeli Heripoerwanto
Komisaris : Marwanto Harjowiryono
Komisaris Independen : Garuda Wiko
Komisaris Independen : Lucky Fathul Aziz Hadibrata
Komisaris Independen : Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen : Arie Coerniadi

Berita Lainnya