sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Percepat transformasi digital, Gojek dan Kominfo tandatangani MoU

Terdapat tiga area utama dalam kerja sama ini. Salah satunya akselerasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) digital.

Davis Efraim Timotius
Davis Efraim Timotius Selasa, 14 Sep 2021 19:25 WIB
Percepat transformasi digital, Gojek dan Kominfo tandatangani MoU

Gojek dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Percepatan Transformasi Digital Melalui Edukasi dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Masyarakat Umum, Selasa (14/9). Terdapat tiga area utama dalam kerja sama ini, yaitu akselerasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) digital, peningkatan literasi digital masyarakat, dan percepatan transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mengatakan ruang lingkup kolaborasi ini salah satunya akan fokus pada edukasi dan pelatihan dalam rangka tata kelola keamanan digital, perlindungan data pribadi, dan peningkatan literasi digital.

“Kami harap penandatanganan nota kesepahaman ini dapat berkontribusi signifikan dalam proses digitalisasi UMKM di Indonesia, serta pemetaan SDM digital yang resilient dan inovatif. Mari kita saling bersinergi dan kolaborasi untuk mengukir masa depan Indonesia yang lebih maju dan terkoneksi. Semakin digital, semakin maju," ujar Mira dalam siaran pers, Selasa (14/9).

CEO dan Co-Founder Gojek, Kevin Aluwi mengatakan pihaknya terus mendorong transformasi digital di berbagai lapisan serta aspek kehidupan masyarakat. Di tengah pandemi, dia mengklaim, Gojek semakin proaktif melakukan percepatan digitalisasi, mulai dari mendukung UMKM bermigrasi ke ranah digital, meningkatkan kompetensi digital talent, hingga mengedukasi masyarakat tentang cara memanfaatkan teknologi digital dengan aman.

“Kesuksesan berbagai upaya ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Kominfo terhadap industri ekonomi digital. Dengan makin dikukuhkannya kolaborasi strategis antara Gojek dengan Kementerian Kominfo, kami berharap dapat menjadi mitra terdepan pemerintah dalam rangka memaksimalkan potensi Indonesia sebagai digital economic powerhouse di Asia Tenggara,” ujar Kevin.

Gojek dan Kominfo juga membuat program pelatihan Digital Talent Scholarship, Kelas GoNusantara dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang akan memberikan pelatihan digital entrepreneurship berbentuk workshop interaktif kepada ribuan peserta. Ragam program pelatihan ini sejalan dengan komitmen Kominfo untuk mengakselerasi kompetensi SDM digital nasional, dengan menargetkan 300.000 SDM digital terlatih atau tersertifikasi pada tahun 2024. 

Selain itu, terdapat kolaborasi dengan BAKTI untuk pelatihan dan onboarding UMKM di daerah luar Jawa, di delapan kota secara luring dan daring. Gojek dengan Kementerian Kominfo juga akan melakukan kolaborasi membina bibit perusahaan startup Indonesia dalam Program 1000 Startup Digital.

 

Sponsored
Berita Lainnya