sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPBD Banten imbau masyarakat waspadai banjir rob

Nana menjelaskan, pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota serta menerjunkan personel untuk meningkatkan mitigasi bencana.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Senin, 02 Jan 2023 09:45 WIB
BPBD Banten imbau masyarakat waspadai banjir rob

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana, mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir rob. Nana menjelaskan, pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota serta menerjunkan personel untuk meningkatkan mitigasi bencana.

"Hal itu kita lakukan dalam rangka mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu bencana terjadi," kata Nana, dikutip Senin (2/1).

Nana menjelaskan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan banjir rob di wilayah pesisir.

Lebih lanjut, Nana memastikan BPBD juga bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk membantu penanggulangan bencana akibat cuaca ekstrem.

Sponsored

"Jika ada longsor, kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tarjono, mennyampaikan, akan ada fenomena bulan purnama (full moon) pada tanggal 06 Januari 2023. Fenomena bulan purnama ini kemudian akan berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

“Seluruh pesisi pantai di Banten mempunyai potensi terjadinya banjir pesisir atau rob," tuturnya, Minggu (1/1).

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid