sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

RSUD Andi Makkasau Parepare siapkan ruang khusus antisipasi Hepatitis Akut

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan leboratorium dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Rabu, 11 Mei 2022 16:03 WIB
RSUD Andi Makkasau Parepare siapkan ruang khusus antisipasi Hepatitis Akut

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare telah menyiapkan ruang khusus untuk mengantisipasi terjadinya kasus Hepatitis Akut. Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan leboratorium dan obat-obatan yang dibutuhkan.

"Kita sudah menyiapkan ruang perawatan infeksi untuk perawatan kasus Hepatitis, termasuk pemeriksaan labaoratorium dan obat-obat yang dibutuhkan," tegas Renny, Senin (9/5).

Renny menjelaskan, ada beberapa gejala Hepatitis Akut berat yang belum diketahui penyebabnya. Meski begitu, terdapat beberapa gejala awal seperti nual, muntah, diare berat dan demam ringan.

“Gejala awal yang dialami mual, muntah, diare berat dan demam ringan. Gejala lanjut yaitu air kencing berwarna pekat seperti teh, dan BAB (buang air besar) berwarna putih pucat. Gejala lainnya warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang dan kesadaran menurun,” jelasnya.

Sponsored

Lebih lanjut, Renny menyampaikan ada beberapa cara mencegah anak dari Hepatitis Akut, seperti rutin cuci tangan, tidak bergantian alat makan dengan orang lain, gunakan masker, dan menjaga jarak.

“Jangan tunda untuk membawa si kecil ke fasilitas layanan kesehatan terdekat jika memiliki gejala. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” pungkasnya.

Berita Lainnya