sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tingkatkan pelayanan, RSUD Andi Makkasau Parepare gelar sosialisasi keamanan penggunaan obat

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Parepare, Ibrahim Kasim, mengatakan upaya tersebut untuk memenuhi standar akreditasi rumah sakit.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Senin, 25 Jul 2022 12:43 WIB
Tingkatkan pelayanan, RSUD Andi Makkasau Parepare gelar sosialisasi keamanan penggunaan obat

RSUD Andi Makkasau terus berupaya mengantisipasi terjadinya kesalahan penggunaan obat dan meningkatkan pelayanan melalui sosialisasi medication safety kepada petugas RSUD Andi Makkasau. Wakil Direktur Pelayanan RSUD Parepare, Ibrahim Kasim, mengatakan upaya tersebut untuk memenuhi standar akreditasi rumah sakit.

“Salahsatu sosialisasinya terkait keselamatan pasien (Patient Safety). Dalam upaya mencegah terjadinya kesalahan dalam penggunaan obat (Medication Error) dan untuk memenuhi salah satu Standar Akreditasi Rumah Sakit,” ujarnya, Sabtu (23/7).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Manajemen Rumah Sakit dan Tim Pokja Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) RSUD Andi Makkasau ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari dokter, petugas farmasi, kepala ruang rawat inap, dan perawat RSUD Andi Makkasau.

Ibrahim menyebut sosialisasi medication safety bertujuan agar tercapainya keselamatan pasien atau Patient Safety. Upaya keselamatan pasien ini merupakan identifikasi, penilaian, analisis, dan manajemen risiko agar pelayanan pasien lebih aman.

Sponsored

"Selain itu meminimalkan harm pada pasien,” imbuhnya.

Ibrahim mengatakan pihaknya menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing. Pembicara tersebut yakni Wakil Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pertahanan Indonesia, Praktisi Farklin RSAL Ramelan Surabaya, Dr. Apt. Widyati, M. Clin, Pharm.

Berita Lainnya
×
tekid