sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 Orang tewas karena paparan bahan kimia akibat truk terbalik di Illinois

Rhodes melaporkan bahwa lima orang, berusia antara 18 hingga 61 tahun, diterbangkan ke rumah sakit.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 03 Okt 2023 20:31 WIB
5 Orang tewas karena paparan bahan kimia akibat truk terbalik di Illinois

Lima orang tewas akibat paparan bahan kimia yang tumpah setelah sebuah semi-truk terbalik di pusat Illinois, Amerika Serikat pekan lalu. Kesimpulan itu didapat dari hasil otopsi yang dilakukan Senin.

Koroner Effingham County Kim Rhodes mengatakan hasil resmi dari otopsi tidak akan tersedia dalam beberapa minggu. Korban kecelakaan multi-kendaraan di Teutopolis, sekitar 110 mil timur laut St. Louis, adalah warga Teutopolis Kenneth Bryan, 34, dan anak-anaknya, Walker Bryan, 10 dan Rosie Bryan, 7; Danny J. Smith, 67, dari New Haven, Mo.; dan Vasile Cricovan, 31, dari Twinsburg, Ohio.

Kapal tanker yang melaju dengan US 40 pada Jumat malam membelok ke kanan untuk menghindari tabrakan ketika kendaraan lain mencoba melewatinya. Kendaraan tersebut tertusuk, terguling, dan menabrak halangan trailer kendaraan yang diparkir di pinggir jalan, meninggalkan lubang berukuran enam inci di wadah bahan kimia, menurut Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Kecelakaan itu menumpahkan lebih dari separuh amonia anhidrat berkapasitas 7.500 galon kapal tanker – bahan kimia yang dapat membakar atau menimbulkan korosi pada jaringan organik. Petani menggunakannya untuk menambahkan pupuk nitrogen ke dalam tanah, dan bertindak sebagai pendingin dalam sistem pendingin bangunan besar seperti gudang dan pabrik.

Tom Chapman, anggota NTSB, mengatakan pada hari Minggu bahwa sisa muatan telah dipindahkan dan dibawa ke lokasi yang aman sebagai bagian dari penyelidikan dewan.

Gumpalan racun yang dilepaskan memaksa evakuasi sementara sekitar 500 penduduk Teutopolis dalam radius satu mil dari lokasi kecelakaan.

Gina Willenborg, 36, dan suaminya, Jeff, baru saja kembali dari pernikahan di luar kota ketika seorang kerabat menelepon tentang evakuasi. Willenborg mengatakan mereka sangat ingin pulang ke rumah, di mana seorang babysitter sedang mengawasi ketiga anak mereka yang masih kecil.

Mobil mereka berada jauh di tengah blokade jalan raya di Effingham, empat mil sebelah barat Teutopolis, tempat polisi menolak sebagian besar pengemudi. Jeff Willenborg bergegas ke garis depan dan memberi tahu pihak berwenang bahwa mereka harus segera mengambil anak-anak mereka.

Sponsored

“Kami mendapat telepon bahwa ada orang yang pingsan. Anda tidak tahu mana yang benar dan mana yang tidak, tapi kita bisa mulai mencium sesuatu,” kata Gina Willenborg. “Kami mulai panik, jadi saya menelepon pengasuh dan berkata, 'Silakan saja, bangunkan anak-anak dan keluarlah.'”

Mereka bisa bertemu dengan pengasuh anak di tempat penitipan anak di Effingham.

“Hati semua orang hancur,” kata Gina Willenborg. Nyawa orang-orang “telah direnggut dan orang lain akan merasakan dampak yang berkepanjangan,” katanya.

Rhodes melaporkan bahwa lima orang, berusia antara 18 hingga 61 tahun, diterbangkan ke rumah sakit.

Pejabat di GoFundMe mengatakan kampanye untuk membiayai pengeluaran telah dilakukan untuk keluarga Bryan dan Cricovan.

Ping's Tavern, di tepi zona evakuasi, mengumpulkan US$7.000 pada hari Minggu untuk keluarga Bryan, menurut sebuah postingan Facebook.

Dapatkan berita terkini, investigasi, analisis, dan jurnalisme khas lainnya dari Los Angeles Times di kotak masuk Anda.

Menurut American Chemical Society, amonia anhidrat dibawa ke seluruh AS melalui pipa, truk, dan kereta api.

Selain memiliki surat izin mengemudi komersial, orang yang mengemudikan kapal tanker yang mengandung zat beracun harus belajar lebih jauh dan berhasil menyelesaikan tes untuk pengesahan bahan berbahaya, kata Don Schaefer, CEO Mid-West Truckers Assn. Namun kecuali jika diumumkan sebaliknya, tidak ada pembatasan pengangkutan amonia anhidrat di jalan umum, kata Schaefer.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid