sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Diduga terobos perairan, Malaysia tangkap 6 kapal Tiongkok

Kapal-kapal tersebut masuk tanpa izin atau menerobos masuk ke perairan Malaysia.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 12 Okt 2020 15:30 WIB
Diduga terobos perairan, Malaysia tangkap 6 kapal Tiongkok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Otoritas Maritim Malaysia menahan 60 warga negara Tiongkok dan enam kapal penangkap ikan yang terdaftar di China. Menurut laporan yang diterbitkan Channel News Asia (CNA) pada Minggu (11/10), pemerintah setempat menyebut kapal-kapal tersebut masuk tanpa izin atau menerobos masuk ke perairan Malaysia.

Malaysia melaporkan 89 intrusi oleh penjaga pantai dan kapal angkatan laut China antara 2016 dan 2019, di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok atas klaim Beijing bagi sebagian besar Laut China Selatan (LCS) yang kaya sumber daya.

LCS juga dikenal sebagai jalur perairan yang juga merupakan rute perdagangan utama. Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) mengatakan, bahwa kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok dan para awaknya ditahan dalam operasi di lepas pantai negara bagian selatan Johor.

"Pemeriksaan lebih lanjut menemukan bahwa semua kapal yang terdaftar di Qinhuangdao, China, diawaki oleh enam kapten dan 54 awak yang merupakan warga negara China berusia antara 31 dan 60 tahun," kata Direktur Regional MMEA, Zulfadli Nayan dalam sebuah pernyataan.

MMEA memaparkan, kapal-kapal itu, yang tidak membawa kargo saat ditahan, diyakini sedang dalam perjalanan ke Mauritania tetapi harus berhenti karena mengalami kerusakan.

Zulfadli menjelaskan, bahwa 60 awak kapal tersebut ditangkap karena gagal menunjukkan bukti berupa izin dari pihak berwenang untuk melakukan kegiatan serta berlabuh di perairan Malaysia.

Masing-masing kapal yang ditangkap dikenakan denda sekitar Rp21,3 juta serta denda terpisah sebesar Rp2,1 juta untuk setiap awak.

Awal tahun ini, sebuah kapal penelitian China menghabiskan satu bulan survei di zona ekonomi eksklusif Malaysia, di tengah perselisihan dengan kapal eksplorasi minyak Malaysia di dekat perairan yang disengketakan.

Sponsored

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki klaim wilayah yang tumpah tindih dengan China di LCS. Selain Negeri Jiran, Filipina, Kamboja, Vietnam, dan Thailand juga memiliki klaim serupa.

Berita Lainnya