sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus infeksi baru meningkat, Fujian berlakukan lockdown

Dalam empat hari, terdapat total 102 infeksi yang telah dilaporkan di Fujian.

Sita Aisha Ananda
Sita Aisha Ananda Selasa, 14 Sep 2021 12:58 WIB
Kasus infeksi baru meningkat, Fujian berlakukan lockdown


Otoritas Kesehatan China mengatakan pada Selasa (14/9), infeksi Covid-19 lokal baru meningkat lebih dari dua kali lipat di Provinsi Tenggara China, Fujian. Hal ini mendorong para pejabat untuk segera meluncurkan langkah-langkah yang harus diambil, termasuk pembatasan perjalanan untuk menghentikan penyebaran virus.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan, ada 59 kasus baru yang ditularkan secara lokal dan dilaporkan pada 13 September, naik dari 22 infeksi pada sehari sebelumnya. Semua kasus baru tersebut berada di Fujian.

Dalam empat hari, terdapat total 102 infeksi yang telah dilaporkan di Fujian. Fujian berbatasan dengan Zhejiang di Utara dan Guangdong di Selatan.

Kasus infeksi ini datang menjelang liburan hari nasional yang dilaksanakan selama seminggu yang dimulai pada 1 Oktober, pada musim turis utama. Wabah domestik terakhir pada akhir Juli hingga Agustus menyebabkan terganggunya perjalanan, memukul sektor pariwisata, perhotelan, dan transportasi.

Wabah Fujian dimulai di Putian, sebuah kota berpenduduk 3,2 juta, dengan kasus pertama dilaporkan pada 10 September. Pada tes awal, sampel dari beberapa kasus Putian menunjukkan bahwa pasien telah tertular varian Delta.

Virus tersebut telah menyebar ke Selatan ke kota pesisir Xiamen dan dilaporkan ada 32 kasus baru penularan komunitas pada 13 September.

Seperti Putian, Xiamen melakukan lockdown di beberapa area, dengan risiko virus yang lebih tinggi. Xiamen juga menghentikan kelas tatap muka di taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah, menutup tempat-tempat umum seperti bioskop, pusat kebugaran, dan bar, dan mengatakan kepada penduduk untuk tidak meninggalkan kota jika tidak penting.

Pasien pertama di Xiamen diketahui melakukan kontak dengan salah satu kasus di Putian. Meskipun begitu, kedua kota belum mengumumkan akan melakukan lockdown secara ketat.

Sponsored

Secara keseluruhan, daratan China melaporkan adanya 92 kasus baru yang dikonfirmasi pada 13 September, termasuk infeksi impor. Selain itu, ada 20 kasus baru tanpa gejala yang tidak diklasifikasi sebagai infeksi yang dikonfirmasi. Namun, tidak ada kematian baru yang dilaporkan. Per 13 September China mencatat 95.340 kasus yang dikonfirmasi dengan jumlah kematian kumulatif tidak berubah pada 4.636.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya