sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lagi, pasukan Israel tewaskan 2 warga Palestina

Militer Israel mengatakan, tentaranya melepaskan tembakan di Desa Jaba, setelah orang bersenjata di dalam kendaraan yang lewat menembak.

Hermansah
Hermansah Sabtu, 14 Jan 2023 21:50 WIB
Lagi, pasukan Israel tewaskan 2 warga Palestina

Pasukan Israel menembak dan membunuh dua pria Palestina selama serangan militer di Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (14/1) pagi waktu setempat. Sementara orang Palestina ketiga meninggal, karena luka yang diderita dalam serangan Israel yang terpisah hampir dua minggu sebelumnya, 

Militer Israel mengatakan, tentaranya melepaskan tembakan di Desa Jaba, setelah orang-orang bersenjata di dalam kendaraan yang lewat menembaki mereka. Mereka mengatakan, tentara kemudian menyita senapan M-16 dari kendaraan tersebut.

Pertumpahan darah meningkatkan jumlah warga Palestina yang tewas dalam pertempuran dengan Israel pada 12 tahun ini. Pertempuran mematikan di daerah tersebut mulai pada 2022 dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat di tahun baru.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi orang-orang itu sebagai Ezzeddin Hamamrah, 24, dan Amjad Khleleyah, 23. Jaba berada di selatan Jenin, sebuah kota di Tepi Barat utara yang telah mengalami beberapa pertempuran terberat dalam hampir satu tahun kekerasan.

Kementerian Kesehatan juga mengatakan, Samer al-Jaabari, 19, meninggal akibat luka yang dideritanya pada 2 Januari dalam pertempuran di Jenin bagian Barat.

Al-Jaabari terluka ketika pasukan Israel menyerbu sebuah desa untuk menghancurkan rumah dua pria bersenjata Palestina yang telah membunuh seorang tentara Israel selama baku tembak pada September. Dua warga Palestina, termasuk seorang pria bersenjata, tewas dalam konfrontasi dengan pasukan Israel hari itu.

Israel menggenjot serangan militernya musim semi lalu setelah serentetan serangan Palestina terhadap Israel menewaskan 19 orang. Israel mengatakan operasi itu dimaksudkan untuk membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan. 

Hampir 150 warga Palestina tewas oleh tembakan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem timur pada 2022, kelompok hak asasi Israel B'Tselem malah menjadikan tahun lalu sebagai yang paling mematikan sejak 2004.

Sponsored

Israel mengatakan, sebagian besar yang tewas adalah militan. Tetapi pelempar batu Palestina, pemuda yang memprotes penyerangan dan lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga telah dibunuh. Menurut angka Israel, serangan Palestina, menewaskan total 31 orang tahun lalu.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, bersama dengan Jalur Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang diinginkan Palestina untuk negara merdeka mereka di masa depan. Israel sejak itu telah menempatkan 500.000 orang di sekitar 130 permukiman di Tepi Barat, yang dipandang oleh orang Palestina dan sebagian besar masyarakat internasional sebagai penghalang perdamaian.

Sumber : Associated Press

Berita Lainnya
×
tekid