sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Teleskop radio terbesar di dunia resmi beroperasi

China telah menetapkan target untuk mengatasi ketinggalan dari Rusia dan AS dan menjadi kekuatan angkasa luar utama pada tahun 2030.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 12 Jan 2020 07:52 WIB
Teleskop radio terbesar di dunia resmi beroperasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 121226
Dirawat 38076
Meninggal 5593
Sembuh 77557

China pada Sabtu (11/1) secara resmi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia, yang akan digunakannya untuk penelitian angkasa luar dan membantu perburuan kehidupan di luar bumi. Demikian dilaporkan kantor berita Xinhua.

Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope atau FAST, yang berukuran 30 lapangan sepak bola, dibangun di sebuah kawasan gunung di Provinsi Guizhou. Teleskop raksasa itu dikenal pula dengan nama "Sky Eye".

Xinhua melaporkan bahwa teleskop telah menerima persetujuan nasional untuk memulai operasi. Teleskop itu sebenarnya selesai dibangun pada 2016 dan telah menjalani uji coba beberapa tahun kemudian.

Chief Engineer FAST Jiang Peng mengatakan kepada Xinhua bahwa operasi uji coba teleskop sejauh ini dapat diandalkan dan stabil, dan sensitivitasnya lebih dari 2,5 kali lipat dari teleskop terbesar kedua di dunia.

Sponsored

Proyek ini juga telah memperoleh beberapa data ilmiah yang berharga dari waktu ke waktu dan diharapkan dapat membantu mengarah pada beberapa terobosan di bidang-bidang seperti deteksi gelombang gravitasi frekuensi rendah dan molekul antarbintang dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

Memajukan program luar angkasa adalah prioritas bagi Beijing, dan negara itu telah menetapkan target untuk mengatasi ketinggalan dari Rusia dan Amerika Serikat dan menjadi kekuatan luar angkasa utama pada tahun 2030.

Beijing juga berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun luar angkasa berawak sendiri tahun depan. (Ant)

Berita Lainnya