sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

10 jenis insomnia dan penyebab ganguannya

Masa kanak-kanak rupanya turut memengaruhi mengidap insomnia. Kondisi ini terjadi ketika anak-anak tidak tidur tepat waktu,

Mona Tobing
Mona Tobing Minggu, 08 Sep 2019 07:00 WIB
10 jenis insomnia dan penyebab ganguannya

Tidak bisa tidur? 

Anda kerap terjaga pada malam hari dan sama sekali tidak merasa mengantuk? Bisa jadi Anda mengalami kesulitan tidur atau yang dikenal dengan insomnia, tapi insomnia tidak semuanya karena persoalan sulit tidur. Ada juga beberapa orang yang meski berhasil tidur, namun bangun terlalu pagi. 

Nah, berdasarkan penelitian dari American Academy of Sleep Medicine yang dikutip dari Health.com, ada 10 klasifikasi insomnia. Apa saja? Simak rinciannya: 

1. Insomnia
Insomnia pada umumnya adalah klasifikasi gangguan tidur di mana seseorang mengalami kesulitan tidur, tidur nyenyak, atau bangun terlalu dini. Gangguan ini juga dapat didefinisikan oleh kualitas tidur yang buruk secara keseluruhan.

2. Adjustment Insomnia
Gangguan ini, juga disebut insomnia akut atau insomnia jangka pendek, mengganggu tidur Anda dan biasanya berasal dari stres. Masalah tidur berakhir saat sumber stres hilang. Stres tidak selalu berasal dari pengalaman negatif. Sesuatu yang positif dapat membuat Anda terlalu bersemangat untuk tidur nyenyak.

3. Insomnia karena kebiasan 
Masa kanak-kanak rupanya turut memengaruhi mengidap insomnia. Kondisi ini terjadi ketika anak-anak tidak tidur tepat waktu, kecuali orang tua atau wali memaksakan waktu tidur. Jika anak-anak dipaksa tidur pada waktu yang ditentukan, maka mereka cenderung tertidur pada jam normal. Tapi jka mereka tidak diberikan waktu tidur yang ketat, maka mereka dapat tetap terjaga selama berjam-jam di malam hari.