sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

7 rute Transjakarta gratis edisi libur Natal dan Tahun Baru

PT Transjakarta bakal menambah armada bus khusus untuk destinasi kawasan wisata pada saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 29 Nov 2019 07:01 WIB
7 rute Transjakarta gratis edisi libur Natal dan Tahun Baru
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menambah armada bus khusus untuk destinasi kawasan wisata pada saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.  

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, beberapa jalur yang ditambah di antaranya rute destinasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu, Transjakarta juga akan menambah armada bus tingkat wisata Jakarta atau City Tour Jakarta. Meski demikian, ia tidak menyebut berapa jumlah bus yang akan ditambahkan.

"Natal dan Tahun Baru kita fokusnya di tempat wisata. Kan biasanya ada pengurangan armada saat libur, tapi di tempat wisata kita ada penambahan," kata Agung saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Kamis (28/11).   

Selain menambahkan armada bus menuju destinasi-destinasi wisata, Agung juga mengatakan Transjakarta akan menyediakan posko dengan adanya petugas-petugas yang berjaga secara khusus.

"Di posko ini nanti ada tim yang bukan operasional dari manajemen yang akan standby dan jaga. Jaga gawang istilahnya. Mungkin saya juga turun," kata Agung.  

Meski ada posko petugas tambahan, Agung mengatakan pelayanan di masing-masing halte tetap diadakan pada hari libur Natal dan Tahun Baru.  

"Kalau masalah jam kerja sebenarnya sama saja, kita kan hari libur maupun tidak tetap melayani," ujar Agung.

Sponsored

Sebagai informasi, terdapat beberapa rute layanan bus tingkat wisata secara cuma-cuma untuk mengisi liburan saat libur Nataru. 

Berikut rincian rute bus gratis libur Natal dan Tahun Baru:

1. History of Jakarta dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda.

2. Jakarta Modern mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

3. Art and Culinary memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.

4. Jakarta Skyscrapers dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

5. Jakarta Open Space dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

6. Jakarta Heritage melayani makam Mbah Priok-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Juanda/Istiqlal-Monas 2-Monas 1-IRTI-Balai Kota-Sarinah-Tosari

7. Jakarta Shopping dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

Berita Lainnya