sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aplikasi keren yang bisa ubah barang dibuang jadi uang

Kini telah hadir aplikasi yang mudah digunakan sebagai solusi yang ingin pengelolaan sampahnya lebih baik.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 10 Feb 2021 15:52 WIB
Aplikasi keren yang bisa ubah barang dibuang jadi uang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Sampah merupakan masalah di Indonesia yang saat ini penanganannya belum maksimal. Sampah-sampah tersebut dibuang tanpa dipilah terlebih dahulu. Saking menumpuknya sampah, kadang ada yang membuangnya di sungai hingga ke pinggiran laut.

Kini telah hadir aplikasi yang mudah digunakan sebagai solusi yang ingin pengelolaan sampahnya lebih baik. Hal ini juga mengajarkan kepada sesama dan masyarakat lainnya untuk memahami pengolaan sampah di lingkungan sekitar. Berikut aplikasi tersebut yang disarikan dari berbagai sumber.

1. Rapel

Sampah yang dijual bisa ditukar dengan uang dan akan mendapatkan poin untuk ditukar dengan berbagai hadiah menarik.

2. Mountrash

Mountrash mengajak trashpreuner untuk menggunakan Fitur Daur Market, sebagai aplikasi untuk jual/beli produk khusus dari bahan baku kemasan bekas, sebagai hasil kreatifitas yang dapat menginspirasi banyak orang untuk menggunakannya kembali (reuse), selain berdampak untuk mengurangi timbulan sampah dapat juga menjadi sirkular ekonomi.

3. Mallsampah

Mallsampah dapat menghubungkan kita dengan kolektor lokal terdekat, sehingga menjadi lebih mudah mengelola sampah-sampah tersebut.

Sponsored

4. mySmash

Tak hanya jual beli sampah, di sini bisa digunakan juga oleh toko online kerajinan. Fitur ini melakukan jual beli barang hasil kerajinan sampah/produk dengan unsur recycle. Kemudian ada e-Learning Edukasi Persampahan untuk belajar lebih banyak mengenai informasi cara penanganan sampah.

5. Duitin

Sampah daur ulang yang telah dijemput, akan dibersihkan dan dipilah berdasarkan jenis, warna dan bahannya, kemudian dikirimkan ke pabrik pencacah. Tidak hanya itu, hasil pencacahan juga bisa diolah sebagai bahan untuk membuat biji plastik, benang, kain bahkan untuk diekspor. Tak hanya sampah, duitin juga bisa menerima barang lain, seperti minyak jelantah. (dari berbagai sumber)

Sumber:
https://duitin.id/story
https://my.smash.id/
https://www.mallsampah.com/
https://www.mountrash.com/
https://play.google.com/store/apps/details?id=sg.com.jetdigital.werider.app&hl=in&gl=US#:~:text=Rapel%20adalah%20Aplikasi%20untuk%20menjual,ditukar%20dengan%20berbagai%20hadiah%20menarik.


 

Berita Lainnya