sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Benar atau salah: Jauhi kucing saat Anda sedang hamil

Apakah benar ibu hamil harus menjauhi kucing karena kotorannya berbahaya bagi bayi dalam kandungan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Rabu, 14 Jul 2021 16:20 WIB
Benar atau salah: Jauhi kucing saat Anda sedang hamil

Jika Anda pernah bertanya-tanya apakah benar ibu hamil harus menjauhi kucing karena kotorannya berbahaya bagi bayi dalam kandungan, inilah jawaban yang agak mengejutkan: ya dan tidak.

Ternyata kucing memang mengeluarkan parasit di kotorannya yang bisa berbahaya bagi janin. Namun parasit ini juga mudah tertular melalui cara lain, tidak hanya melalui kucing. Dan ada banyak cara untuk mencegah parasit ini menyerang janin, jadi ibu hamil tidak perlu mengusir kucing karena khawatir akan kesehatan bayinya.

Bukti untuk Klaim Kesehatan
Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit tertentu yang biasanya menyebabkan gejala minimal atau sama sekali tidak terdeteksi pada kebanyakan manusia dan hewan. Kucing menyebarkan parasit melalui kotorannya setelah memakan hewan kecil yang terkontaminasi seperti burung atau hewan pengerat. Meskipun kucing jarang terkena infeksi, parasit yang dikeluarkannya berpotensi berbahaya bagi kehamilan manusia.

Jika seorang wanita hamil membersihkan kotak kotoran kucing yang terinfeksi, dia terkena parasit. Jika wanita tersebut menyentuh mulutnya setelah bersentuhan dengan parasit, dia dapat terinfeksi dan menempatkan janinnya pada risiko komplikasi serius, baik saat lahir atau di kemudian hari.

Pada atau sebelum lahir, parasit dapat menyebabkan infeksi mata yang serius atau masalah mata lainnya, kerusakan otak, atau bahkan lahir mati atau janin yang diaborsi. Dan sementara banyak bayi yang terinfeksi toksoplasmosis mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya, mereka akhirnya dapat menderita kebutaan atau cacat intelektual sebagai akibatnya.

Setiap kucing yang dibiarkan keluar rumah atau diberi makan daging mentah atau setengah matang juga dapat membawa parasit. Kotoran yang terkontaminasi dari kucing yang tertular infeksi berbahaya bagi kehamilan wanita.

Bukti Terhadap Klaim Kesehatan
Toksoplasmosis tidak hanya menyebar melalui kotoran kucing, tetapi juga melalui daging yang terkontaminasi. Seseorang kemungkinan besar, jika tidak lebih mungkin, untuk tertular infeksi dengan makan daging mentah atau setengah matang yang terinfeksi. Bahkan hanya dengan memegang daging dan tidak mencuci tangan setelahnya dapat menyebarkan infeksi.

Menariknya, jika seorang wanita tertular infeksi sebelum kehamilannya, dia menjadi kebal dan tidak akan menularkan infeksi ke janinnya selama kehamilan. Tes darah dapat mengkonfirmasi apakah seorang wanita telah terkena parasit.

Sponsored

Kemungkinan sebagian besar wanita tertular infeksi dari kucing mereka cukup rendah. Pertama, kucing dalam ruangan yang diberi makanan kucing kemasan komersial memiliki risiko yang sangat rendah untuk terkena parasit. Kebanyakan kucing yang membawa parasit adalah kucing luar yang memakan mangsa yang terkontaminasi.

Wanita tidak perlu menghindari kucing dan tentunya tidak perlu melepaskan hewan peliharaan kesayangannya jika menjadi pemilik kucing. Beberapa tindakan pencegahan sederhana dapat mencegah penyebaran parasit, termasuk perawatan khusus saat membersihkan kotak kotoran atau menghindarinya sama sekali. Jika Anda hamil, mintalah orang lain membersihkan kotak kotoran. Tetapi jika Anda benar-benar harus melakukannya sendiri, Anda dapat mengurangi risiko dengan mengenakan sarung tangan sekali pakai dan segera mencuci tangan Anda setelah selesai.

Kesimpulan
Sementara beberapa kotoran kucing berpotensi menyebabkan komplikasi serius atau bahkan fatal pada janin yang sedang berkembang, faktanya tetap bahwa wanita tidak perlu menghindari kucing sama sekali selama kehamilan mereka. Menjauhi kotak pasir akan secara dramatis menurunkan risiko toksoplasmosis.

Selanjutnya, ibu hamil tidak hanya harus berhati-hati di sekitar kotoran kucing, tetapi juga berhati-hati saat menangani daging mentah. Risiko infeksi toksoplasmosis lebih tinggi jika ibu hamil makan daging mentah atau setengah matang, atau menangani daging mentah tanpa segera mencuci tangan.

Jadi ketika berita gembira tentang kedatangan yang akan datang diumumkan, Si Meong tidak perlu angkat kaki dari rumah. Simpan dia di dalam rumah, hanya beri dia makanan kucing yang sudah dikemas, dan lakukan yang terbaik untuk menghindari kotak pasirnya. (Sumber: winchesterhospital)

Berita Lainnya
×
tekid