sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biar makin wangi, ilmu parfum ini perlu kamu ketahui

Wewangian dapat diklasifikasikan berdasarkan konsentrasi bahan-bahannya, yang mempengaruhi seberapa kuat mereka. dan berapa lama bertahan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 13 Sep 2021 14:14 WIB
Biar makin wangi, ilmu parfum ini perlu kamu ketahui


'Parfum', berasal dari bahasa Latin 'per fumus', secara harfiah diterjemahkan menjadi 'melalui asap'. Dan secara harfiah melalui asap, dampak penuh dari wewangian pribadi terasa. 

Wewangian tidak hanya dapat membuat Anda merasa dan tampil sangat menarik, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi stres, dan jika parfum yang tepat digunakan, dapat meningkatkan kecerdasan kebahagiaan Anda juga! 

Saat ini begitu banyak produk parfum di pasaran, ini kadang membuat bingung untuk memilih dan menggunakannya. Sejumlah penjelasan di bawah ini perlu Anda baca supaya Anda bisa memilih parfum dan menggunakannya sesuai keinginan dan kebutuhan agar aroma parfum lebih proporsional menempel di tubuh Anda.

Bagaimana parfum dibuat?

Pertama, minyak diekstraksi dari zat alami seperti buah dan bunga melalui proses seperti distilasi uap, ekstraksi pelarut, maserasi dan ekspresi. Setelah minyak dikumpulkan, mereka dicampur sesuai dengan formula khusus yang telah dikembangkan oleh perusahaan wewangian atau perusahaan. Setelah bau siap, dicampur dengan alkohol dan air dalam proporsi yang diinginkan. Parfum seperti anggur - varietas yang lebih mahal dibiarkan menua selama berbulan-bulan, atau kadang-kadang bahkan bertahun-tahun setelah pencampuran terakhir terjadi sampai mereka dibotolkan dan akhirnya dijual.

Apa saja macam-macam nada dalam parfum?
Parfum dibuat ketika campuran minyak wangi esensial yang dibuat dengan hati-hati dicampur dalam pelarut - biasanya alkohol dan air. Siklus hidup wewangian adalah tiga kali (anggap saja sebagai piramida nada yang menghilang), dimulai dengan bagian atas, pindah ke hati, dan akhirnya menetap dengan nada dasar.

Top note (nada atas)

Saat Anda menyemprotkan parfum, pada awalnya Anda mencium apa yang dikenal sebagai 'nada atas'. Ini adalah bau yang lebih ringan dan lebih sejuk yang meresap di udara dan mengenai Anda, dan dapat berlangsung antara 15 hingga 120 menit, tergantung pada konsentrasi wewangian Anda. Nada atas khas yang harus diperhatikan termasuk aroma jeruk dan buah, serta bunga-bunga ringan seperti lavender.

Sponsored

Heart note (nada hati)

Setelah efek nada atas hilang, Anda dapat mencium aroma inti dari parfum, yang merupakan esensi utamanya. Nada ini akan mulai muncul sekitar setengah jam setelah Anda menyemprotkan parfum, dan bertahan selama sekitar empat jam. Nada hati yang paling umum cenderung motif bunga yang berat, karena ini memberikan wewangian bau yang paling khas ketika mereka berhubungan dengan kimia kulit Anda.

Base note (nada dasar)
Ketika Anda bangun di pagi hari setelah menggunakan parfum, selalu ada bau yang tertinggal dan tidak asing lagi. Ini adalah nada dasar – yang mulai muncul setelah nada hati mulai memudar dan dapat bertahan hingga sekitar 12 jam setelah disemprotkan pada parfum. Nada dasar yang khas termasuk aroma berat seperti musk, aroma kayu dan rempah-rempah seperti vanila dan akar wangi.

Ada empat kategori utama aroma yang tersedia
Floral: Seperti namanya, jenis wewangian ini mencakup satu atau lebih bunga, dan merupakan jenis parfum yang paling umum dan klasik. Bunga yang paling umum digunakan dalam parfum termasuk mawar, melati, lili, lotus, violet dan marigold. Sebagian besar parfum pemenang penghargaan mengandung setidaknya satu aroma bunga, dan ini memang parfum paling romantis untuk disemprotkan!
Segar: Wewangian segar mencakup keseluruhan buah-buahan, terutama buah jeruk, serta wewangian hijau. Lemon/verbena, jeruk, jeruk bali, persik, dan beri adalah beberapa buah yang memberikan wewangian yang semarak dan menyenangkan. Wewangian hijau termasuk aroma daun, lumut dan rempah-rempah, yang memberi energi dan mengejutkan, unisex (pikirkan rumput yang baru dipangkas!).

Oriental: Aroma yang terinspirasi dari dupa, amber, cendana, nilam dan akar wangi adalah beberapa contoh bahan oriental yang cocok untuk wewangian. Khas, dan bersumber dari timur, kenakan ini untuk aura formal dan eksotis.

Woody: Nada kayu cenderung menjadi yang terberat dan terkuat, dan ideal untuk membuat pernyataan yang berani dan seksi di malam hari daripada di siang hari. Dari berbagai ek dan kayu hingga musk, tembakau dan kulit, aroma kayu adalah beberapa yang paling mahal dan dicari.

Bagaimana cara memilih parfum?

Umashan Naidoo, Buying head – Parfum StudioWest mengatakan, “Wewangian itu pribadi." 

Beberapa orang jatuh cinta dengan kemasan, beberapa dengan kampanye, atau bahkan iklan selebriti! Pelariannya sebagai janji untuk menjadi lebih seksi, lebih berani, berani, dan berjiwa petualang dijanjikan oleh percikan atau semburan cairan ajaib yang akan membawa Anda ke dunia glamor dan ketenaran. Ada empat nada yang digunakan untuk menggambarkan wewangian – bunga, kayu, oriental dan segar. 

Jika Anda ingin membeli parfum, cobalah selalu, karena aroma yang sama dapat tercium berbeda pada dua orang yang berbeda. Ini karena kimia kulit Anda, lingkungan, dan bahkan diet Anda! Cobalah, diamkan selama sekitar satu jam, lalu putuskan apakah Anda ingin membelinya. Memilih parfum adalah bisnis yang sangat serius. Jadi, istirahatkan hidung Anda, dan hindari mencoba lebih dari tiga atau empat sekaligus – atau Anda tidak akan dapat merasakan dan membedakan aroma. Sebagian besar toko biasanya memiliki biji kopi untuk membantu Anda. Juga cari tahu bagaimana Anda ingin mencium, terlebih dahulu. Apakah Anda ingin aroma ringan dan bunga, atau serius dan kayu?

Bagaimana Anda menggunakan parfum?

Anda mungkin pernah mendengar pewangi, atau para ahli berbicara tentang 'titik nadi', di mana parfum paling baik digunakan. Jadi apa sebenarnya ini? 'Titik nadi' adalah area di mana pembuluh darah Anda paling dekat dengan kulit. Karena sirkulasi darah terjadi tepat di bawah permukaan kulit pada titik-titik ini, panas yang dipancarkan membantu melepaskan wewangian dengan lebih efektif. Titik nadi yang harus diwaspadai adalah bagian dalam kedua pergelangan tangan, di pangkal leher, di belakang telinga, di dalam siku dan di belakang lutut. 

Saat mengoleskan parfum di pergelangan tangan Anda, cobalah untuk tidak menggosoknya bersama-sama; Anda akan mengganggu komposisi aroma atas, hati dan nada dasar dengan melakukannya. Juga, jangan semprot ulang sampai benar-benar diperlukan – Anda akan mengganggu lapisan atas, hati dan nada dasar, belum lagi bau yang menyenangkan dan mengubahnya menjadi bau yang kuat dan luar biasa yang tidak dapat dipahami oleh siapa pun! 

Terakhir, parfum adalah untuk tubuh Anda, bukan pakaian Anda. Meskipun pakaian Anda tidak diragukan lagi dapat menyerap bau tubuh Anda, jangan berkontribusi langsung pada hal ini dengan menyemprotkannya! Tidak hanya itu minyak juga dapat menodai pakaian Anda secara permanen.

Apa saja jenis parfum yang berbeda, berdasarkan konsentrasi?

Wewangian dapat diklasifikasikan berdasarkan konsentrasi bahan-bahannya, yang pada gilirannya mempengaruhi seberapa kuat mereka dan berapa lama mereka bertahan. Semakin banyak proporsi minyak parfum dibandingkan dengan alkohol, semakin banyak konsentrasinya. 

Jadi 'Parfum' yang lengkap akan memiliki umur panjang, dengan konsentrasi antara 15 hingga 40 persen. Kebanyakan parfum akan mengandung sekitar 20 sampai 30 persen. Ini cenderung paling mahal, meskipun paling efektif, dan juga lebih baik untuk orang yang rentan terhadap reaksi alergi karena kandungan alkoholnya lebih rendah. 

Baris berikutnya adalah Eau de Parfum (EDP), yang biasanya bertahan sekitar lima jam, dan mengandung konsentrasi 15 hingga 20 persen. Ini adalah yang paling umum digunakan di pasar karena moderat dalam biaya dan kemanjuran. Konsentrasi tertinggi ketiga terlihat di Eau de Toilet (EDT) – sekitar 5 hingga 15 persen. Ini sangat ideal untuk hari atau aroma kerja karena hemat biaya dan tidak terlalu kuat.

Terakhir, Eau de Cologne (EDC) dengan konsentrasi sangat rendah (2 hingga 4 persen) dan aroma ringan, tersedia dalam botol besar dan perlu disemprotkan setiap jam. Itu juga tidak terlalu berlapis, jadi Anda tidak akan menemukan kerumitan nada atas, hati, dan dasar. Jika Anda mencari aroma yang lebih lembut dan lebih ringan, Eau Fraiche adalah versi paling encer yang tersedia dengan hanya 1 hingga 3 persen minyak dalam alkohol dan air! Umur parfum berkisar antara 3 hingga 5 tahun sejak tanggal pembuatan, tetapi frekuensi rata-rata seseorang menyemprot dari botol 50 ml adalah lebih dari 700, jadi jika Anda menggunakannya dua kali sehari, itu akan bertahan lama. hanya sedikit di bawah satu tahun.

Apa yang harus saya ingat saat menggunakan parfum?

Parfum perlu menyebar dengan baik di kulit agar aromanya lebih kuat dan tahan lebih lama. Melembabkan kulit Anda dengan losion tanpa pewangi akan membantu mencapai hal ini, dan juga melindungi area yang Anda semprotkan parfum agar tidak mengering. Juga, jangan gunakan parfum pada rambut Anda – namun, Anda mungkin tergoda untuk menambahkan aroma ekstra itu. Kandungan alkohol menyebabkan kekeringan. Akal sehat menuntut Anda untuk menutup botol parfum dengan rapat, jika tidak isinya mungkin mulai menguap, dan aromanya juga dapat berubah karena kontak dengan udara dan lingkungan. Hindari keluar di bawah sinar matahari langsung setelah menyemprotkan parfum. Ini karena parfum yang dibeli di toko dapat mengandung hingga 14 bahan rahasia yang berbeda, yang tidak terdaftar, beberapa di antaranya adalah bahan kimia yang menarik sinar UV yang berbahaya.

Terakhir, apa yang baik untuk beberapa orang mungkin tidak baik untuk orang lain! Parfum bekas adalah asap bekas yang baru, dan menghirup parfum orang lain mungkin tidak baik untuk Anda, karena bahkan merek mewah pun memiliki bahan kimia yang berhubungan dengan gangguan hormon dan reaksi alergi.(femina)

Berita Lainnya