sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI, apa itu INTJ dan INTP?

INTJ sering disebut sebagai arsitek atau ahli strategi. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini sangat analitis, kreatif, dan logis.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 04 Apr 2022 17:45 WIB
Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI, apa itu INTJ dan INTP?

Membicarakan 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), dua di antaranya adalah INTJ dan INTP. Bagaimana ciri dua kepribadian ini? Berikut penjelasannya, mengutip Very Well Mind.

INTJ: Introverted, Intuitive, Thinking, Judging
INTJ sering disebut sebagai arsitek atau ahli mengatur strategi. Pasalnya, orang-orang dengan tipe kepribadian ini sangat analitis, kreatif, dan logis. Menurut psikolog David Keirsey, paling banyak hanya 4% populasi memiliki tipe kepribadian INTJ.

INTJ cenderung introvert dan lebih suka bekerja sendiri. INTJ melihat gambaran besar dan suka fokus pada informasi abstrak daripada detail yang konkret. Mereka menempatkan penekanan yang lebih besar pada logika dan informasi objektif daripada emosional serta menyukai dunia yang terkendali atau teratur sehingga bisa lebih baik dalam membuat perencanaan jangka panjang.

INTJ menggunakan intuisi introvert untuk melihat pola, makna, dan kemungkinan. Daripada hanya melihat fakta konkret, mereka lebih tertarik pada apa arti fakta-fakta ini. Orang dengan tipe kepribadian ini menikmati berpikir tentang masa depan dan mengeksplorasi peluang.

Sebagai fungsi sekunder dalam kepribadian INTJ, pemikiran ekstrovert membuat orang mencari ketertiban, kontrol, dan struktur di sekitar mereka. Untuk alasan ini, INTJ bisa sangat menekankan metode ketika mendekati masalah.

INTP: Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving
INTP sering digambarkan sebagai pendiam dan analitis. Mereka menikmati menghabiskan waktu sendirian, berpikir tentang bagaimana hal di luar kontrol bekerja, dan menyediakan solusi untuk masalah.

INTP lebih suka memusatkan perhatian mereka pada pikiran internal daripada dunia luar. Mereka biasanya tidak memiliki lingkaran sosial yang luas, tetapi cenderung dekat dengan sekelompok orang tertentu.

Menurut psikolog David Keirsey, pencipta hingga 5% orang memiliki tipe kepribadian INTP. INTP cenderung tenang, pendiam, dan bijaksana.

Sponsored

Sebagai introvert, mereka lebih suka bersosialisasi dengan sekelompok kecil teman yang memiliki minat yang sama. Mereka menikmati berpikir tentang konsep teoritis dan cenderung menghargai kecerdasan di atas emosi.

INTP cenderung pada keputusan logis ketimbang perasaan yang subjektif. Ketika menganalisis data dan membuat keputusan, mereka sangat logis dan objektif. Namun, di situasi tertentu juga fleksibel.

Berita Lainnya