sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips yang kamu perlu tahu soal mencium kucing

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah Anda dan kucing Anda sehat, karena penyakit bisa tertular dari ciuman.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 16 Jul 2021 14:05 WIB
Tips yang kamu perlu tahu soal mencium kucing

Tingkah kucing sering bikin gemes. Kadang karena tidak tahan, pengin rasanya mencium-cium mereka seperti kita menciumi bayi, atau anak kecil. Tetapi karena ini kucing, bukan bayi, aman tidak ya cium si mpus

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah Anda dan kucing Anda sehat, karena penyakit dapat ditularkan di antara Anda melalui ciuman. Jika salah satu dari Anda sakit, maka jenis kontak dekat ini harus dihindari!

Hal lain yang harus dipastikan adalah bahwa kucing Anda terbiasa dengan tingkat kontak ini dari Anda. Jika Anda belum pernah memberi mereka ciuman sebelumnya, mereka mungkin tidak akan menerima invasi tiba-tiba dari ruang pribadi. Kamu bisa dicakar.

Saat hendak berciuman, hal terpenting adalah menghindari ciuman di bibir, demi alasan kebersihan. Sebaiknya hindari perut juga karena kebanyakan kucing tidak suka perutnya disentuh. Kucing biasanya lebih suka interaksi singkat, jadi jika Anda ingin ciuman, ciuman cepat adalah yang terbaik.

Cara ideal untuk menunjukkan kasih sayang pada kucing Anda adalah dengan membiarkannya datang kepada Anda. Kucing saling menyapa dengan sentuhan hidung, jadi coba tunjukkan wajah Anda kepada mereka untuk melihat apakah mereka maju untuk mengendus.

Bakteri di mulut

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kucing Anda bebas dari penyakit dan parasit, maka memberinya kecupan mungkin tidak akan membahayakan Anda. Namun, Anda tidak disarankan untuk mencium kucing yang sedang sakit.  Tidak disarankan juga untuk mencium kucing di bibir. Banyak penyakit yang dapat ditularkan dari kucing ke manusia (zoonosis). 

Kucing dan manusia dapat terinfeksi bakteri umum seperti Pasteurella, Staphylococcus, E-Coli dan Salmonella. Semuanya sangat menular. Kurap adalah infeksi jamur umum yang mudah menyebar dari kucing ke manusia dan sebaliknya melalui kontak langsung. Meskipun tidak serius, ini sangat menyakitkan untuk diobati dan begitu Anda memilikinya, Anda dapat menularkannya kepada orang atau hewan lain.

Sponsored

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa sama seperti manusia, kucing mengandung bakteri tertentu di mulutnya yang menyebabkan penyakit gusi. Penyakit gusi tidak hanya dapat menyebabkan hilangnya gigi, tetapi juga memiliki dampak yang lebih besar pada organ. Kecupan di kepala sama menyenangkannya dan mengurangi risiko penularan penyakit. 

Selain itu, kucing memiliki kelenjar aroma di pipi dan bibirnya yang mengeluarkan “feromon” yang terasa enak ketika mereka menggosokkan pada benda (seperti sofa, pintu, ANDA), dan ciuman dari teman manusianya dapat dilihat oleh kucing Anda. kasih sayang dan kepemilikan seperti yang ditunjukkan kucing kepada Anda.

Apakah kucing saling berciuman?

Tidak seperti itu. Kucing adalah keturunan dari kucing liar Afrika, pemburu soliter, yang berarti mereka lebih mandiri secara alami. Kucing juga tidak mengembangkan otot wajah yang kompleks untuk menunjukkan berbagai macam ekspresi seperti anjing.

Jika Anda ingin melihat apakah kucing Anda baik, maka ini semua tentang membaca bahasa tubuh! Jika mereka berjalan di sekitar satu sama lain dengan ekor tegak, bergesekan satu sama lain, atau bermain-main dengan cakar mereka terselip, maka itu semua adalah tanda-tanda kucing tidak sedang mode agresif! (Sumber: cats.org, animalguardian)

Berita Lainnya