sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Berburu utang global demi menambal APBN

Sejak pandemi, terhitung sudah empat kali pemerintah menerbitkan global bond.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Jumat, 04 Jun 2021 14:11 WIB
Berburu utang global demi menambal APBN

Pandemi Covid-19 mengubah kondisi dan tatanan ekonomi global dan nasional. Di Indonesia, pagebluk yang tak kunjung mereda membuat korban sakit dan meninggal karena virus SARS-CoV-2 semakin banyak.

Di sisi lain, hampir seluruh sektor industri dan perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Banyak karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemotongan gaji.

Untuk mencegah perekonomian tak semakin turun tajam, pemerintah menambah bujet penanganan Covid-19 senilai Rp695,2 triliun dan memperlebar target defisit anggaran menjadi Rp1.039 triliun di 2020. Angka itu melonjak dari realisasi defisit di 2019 sebelumnya yang hanya Rp353 triliun.

Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang semakin tekor mengharuskan pemerintah mencari pendanaan ekstra. Salah satunya dengan menerbitkan global bond alias surat utang global yang kemudian ditawarkan kepada investor di seluruh dunia. Sejak pandemi, terhitung sudah empat kali pemerintah menerbitkan global bond.

Sponsored

Baca juga artikel Selisik, Risiko di balik laris manisnya utang global RI bertenor super panjang.

Infografik utang Indonesia. Alinea.id/Oky Diaz.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya