Bisnis kecantikan lokal yang tak kalah bersaing
Indonesia mempunyai bebera merk produk kecantikan ternama.

Indonesia mempunyai produk-produk yang ternama di dalam bisnis kecantikan. Industri ini meliputi produk kosmetik (make-up), skin care (perawatan kulit), perawatan diri, dan wewangian. Sepanjang tahun 2019, industri kecantikan bisa mencatat pertumbuhan hampir 6%.
Namun, adanya pandemi mengubah kinerja bisnis kecantikan di setengah tahun pertama 2020. Penggunaan kosmetik praktis berkurang karena aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah. Toko-toko penjual kosmetik di pusat perbelanjaan pun tak bisa buka selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara klinik kecantikan harus tutup di tengah pandemi karena adanya pelayanan yang mempunyai intensitas kontak fisik cukup tinggi.
Meskipun demikian, industri kecantikan Indonesia tetap bertumbuh. Statista memprediksi pendapatan industri kecantikan Indonesia sebesar US$7,095 miliar atau Rp99,33 triliun (US$1=Rp14.000) pada 2020 atau tumbuh 2,84% dari tahun sebelumnya. Namun, pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5,59%.
Alinea.id mengulas sepak terjang industri kecantikan menghadapi turunnya permintaan gara-gara pandemi dalam artikel ini.

Derita jelata, tercekik harga pangan yang naik
Senin, 21 Feb 2022 17:25 WIB
Menutup lubang “tikus-tikus” korupsi infrastruktur kepala daerah
Minggu, 13 Feb 2022 15:06 WIB
Segudang persoalan di balik "ugal-ugalan" RUU IKN
Minggu, 23 Jan 2022 17:07 WIB
Mewujudkan e-commerce inklusif bagi penyandang disabilitas
Kamis, 30 Nov 2023 16:09 WIB
Potret kebijakan stunting dan pertaruhan Indonesia Emas 2045
Senin, 27 Nov 2023 16:01 WIB