sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bisnis kecantikan lokal yang tak kalah bersaing

Indonesia mempunyai bebera merk produk kecantikan ternama.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Selasa, 30 Jun 2020 12:03 WIB
Bisnis kecantikan lokal yang tak kalah bersaing
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Indonesia mempunyai produk-produk yang ternama di dalam bisnis kecantikan. Industri ini meliputi produk kosmetik (make-up), skin care (perawatan kulit), perawatan diri, dan wewangian. Sepanjang tahun 2019, industri kecantikan bisa mencatat pertumbuhan hampir 6%.

Namun, adanya pandemi mengubah kinerja bisnis kecantikan di setengah tahun pertama 2020. Penggunaan kosmetik praktis berkurang karena aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah. Toko-toko penjual kosmetik di pusat perbelanjaan pun tak bisa buka selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara klinik kecantikan harus tutup di tengah pandemi karena adanya pelayanan yang mempunyai intensitas kontak fisik cukup tinggi.

Meskipun demikian, industri kecantikan Indonesia tetap bertumbuh. Statista memprediksi pendapatan industri kecantikan Indonesia sebesar US$7,095 miliar atau Rp99,33 triliun (US$1=Rp14.000) pada 2020 atau tumbuh 2,84% dari tahun sebelumnya. Namun, pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5,59%.

Alinea.id mengulas sepak terjang industri kecantikan menghadapi turunnya permintaan gara-gara pandemi dalam artikel ini.

Sponsored

Beberapa merk produk kecantikan asli Indonesia. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Berita Lainnya