sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Petunjuk Kapolri untuk polisi virtual  

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat edaran (SE) bernomor SE/2/II/2021 sebagai panduan bagi polisi virtual.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 27 Feb 2021 13:14 WIB
Petunjuk Kapolri untuk polisi virtual  
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat edaran (SE) bernomor SE/2/II/2021. Dalam SE itu, Listyo merinci 11 poin yang mesti dianut para penyidik Polri yang bertugas menjaga keamanan di jagat maya alias polisi virtual. 

SE itu diterbitkan tak lama setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung pasal-pasal karet di Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Lewat cuitannya dalam akun @jokowi di Twitter, Selasa (16/4), Jokowi bahkan membuka peluang revisi terhadap UU ITE. 

Kalau implementasinya menimbulkan rasa ketidakadilan, maka UU ini perlu direvisi. Hapus pasal-pasal karet yang multitafsir, yang mudah diinterpretasikan secara sepihak," tulis Jokowi.

Dalam rapat pimpinan TNI-Polri yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden sehari sebelumnya, Jokowi juga telah meminta Polri lebih teliti saat menjadikan pasal-pasal di UU ITE sebagai patokan menggarap kasus-kasus pelanggaran di jagat maya. 

Sponsored

Infografik Alinea.id/Bagus Priyo

Berita Lainnya