close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi Alinea.id/Bagus Prio.
icon caption
Ilustrasi Alinea.id/Bagus Prio.
Infografis
Minggu, 08 November 2020 23:33

Produk Prancis yang mendunia

Beberapa jenama Prancis yang tersohor banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.
swipe

Seruan boikot produk Prancis menggema di banyak negara. Tak terkecuali di Indonesia. Produk Prancis banyak menyasar kelas menengah atas (high-end). Namun, ada pula produk-produk yang dibutuhkan dalam keseharian.

Beberapa merek produk Prancis di bidang fesyen misalnya, Chanel, Hermès, Louis Vuitton, Yves Saint Laurent, Lacoste, dan Pierre Cardin. Sementara, kosmetik yang banyak beredar di Indonesia seperti L'Oreal dan Garnier. 

Ada pula produk Prancis di bidang otomotif dan energi misalnya Renault, Peugeot, Michelin, Total, dan Elf. Selain itu, produk makanan dan minuman yang berkaitan dengan Prancis yakni Danone dan Kraaft.   

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BBS) per Januari hingga Juli 2020, total impor barang dari Prancis mencapai US$682 juta atau setara dengan Rp9,5 triliun (kurs Rp 14.000).

Beberapa produk yang diimpor dari Prancis, seperti senjata dan peluru 282,029 kg senilai US$71,9 juta, dan pulp and waste paper 111,8 juta kg senilai US$45,9 juta. Ada juga, impor mesin dan motor termasuk suku cadang 699.281 kg senilai US$436 juta.

Selain itu, produk kesehatan dan farmasi sebanyak 681.044 kg senilai US$33,9 juta. Produk lainnya yaitu kedelai 120.743 kg nilainya US$73.370. Indonesia juga mengimpor mentega 286.790 kg nilainya US$238 juta.

Alinea.id mengulas seruan boikot produk Prancis dan bagaimana masyarakat Indonesia bereaksi dalam artikel ini.

img
Kartika Runiasari
Reporter
img
Kartika Runiasari
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan