sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gubernur DKI Anies Baswedan panen padi di Cilacap

Kunjungan ini untuk memastikan pasokan pangan di ibu kota terjaga selama Ramadan dan menyambut Idulfitri 1442 Hijriah. 

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Jumat, 16 Apr 2021 13:40 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan panen padi di Cilacap

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri panen raya padi di lahan seluas 50 hektare di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (16/4). Lahan tersebut dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PT Food Station. 

Panen raya padi juga dihadiri langsung oleh jajaran Direksi PT Food Station, Gapoktan (gabungan kelompok tani) Sumber Makmur, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Cilacap, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Kunjungan ini untuk memastikan pasokan pangan di ibu kota terjaga selama Ramadan dan menyambut Idulfitri 1442 Hijriah. "Bagi kami di Jakarta, 99% kebutuhan pangan dipasok dari luar dan kami memiliki ketergantungan amat tinggi. Jakarta bersyukur bisa bersama Cilacap menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4).

Anies berharap, warga Jakarta bisa mendapatkan beras dengan harga terjangkau dan petani di Cilacap juga meningkat kesejahteraannya.

Sponsored

Kolaborasi antara BUMD Food Station Tjipinang Jaya dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap diinisiasi sejak 2018, dengan areal sawah seluas 250 hektare. Kemudian, bertambah seluas 500 hektare pada 2019. Lalu, pada 2020 menjadi seluas 850 hektare.  

Untuk target kerjasama pada tahun 2021, diharapkan dapat seluas 1.000 hektare dengan rata-rata produktivitas 5,7 ton/hektare. Sehingga, memberikan potensi hasil 5.700 ton Gabah Kering Panen (GKP) atau 2.964 ton beras dengan Varietas Ciherang, Metik Wangi, dan Muncul.

Berita Lainnya