sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bandar narkoba WNA China rencanakan pelarian sejak 6 bulan

Polisi tengah menyelidiki apakah ada keterlibatan pihak lain dalam pelarian Cai Ji Fan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 21 Sep 2020 14:59 WIB
Bandar narkoba WNA China rencanakan pelarian sejak 6 bulan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Narapidana bandar narkoba asal Tiongkok kabur dari Lapas Kelas 1 Kota Tangerang. Cai Changpan alias Cai Ji Fan, bandar narkoba itu, diduga telah merencanakan pelarian sejak enam bulan. Ia merupakan terpidana kasus narkoba yang dijatuhi hukuman mati.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengungkapkan, rencana tersebut diketahui dari pemeriksaan teman satu sel Cai Ji Fan. Alat yang digunakan Cai Ji Fan untuk membobol tembok telah disita tim penyidik.

"Dari keterangan awal teman satu selnya bahwa dia sudah melakukan kurang lebih 5-6 bulan untuk membobol dengan menggunakan alat yang sudah kami sita," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (21/9).

Menurut Yusri, alat yang digunakan Cai Ji Fan diduga didapat dari dapur. Namun, dia tidak menyebutkan alat apa saja yang digunakan untuk membobol tembok menembus gorong-gorong oleh Cai Ji Fan.

Sponsored

Dia menambahkan, saat ini tim dari kepolisian dan lapas masih mengejar Cai Ji Fan. Bahkan, polisi membentuk tim khusus untuk melakukan pengejaran tersebut.

"Kami masih melakukan pengejaran dan penyelidikan apakah ada keterlibatan pihak lain. Kita tunggu hasilnya nanti," tutur Yusri.

Untuk diketahui, Cai Ji Fan melarikan diri dari selnya dengan membobol tembok yang menembus gorong-gorong pada 14 September 2020 sekitar pukul 02.30 WIB. Ia merupakan terpidana kasus narkoba yang dijatuhi hukuman mati. Cai Ji Fan merupakan napi pindahan dari Lapas Kelas II A Pemuda, Tanggerang.

Berita Lainnya