sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus ACT, Ahyudin dan Ibnu Khadjar hadiri pemeriksaan hari ini

Pemeriksaan keduanya lanjutan dari panggilan sebelumnya.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 11 Jul 2022 07:49 WIB
Kasus ACT, Ahyudin dan Ibnu Khadjar hadiri pemeriksaan hari ini

Penyidik Bareskrim Polri melakukan pemanggilan kembali kepada mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin dan Presiden aktif yayasan tersebut, Ibnu Khadjar, hari ini (11/7). Pemanggilan tersebut dilakukan masih dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, pemeriksaan keduanya adalah lanjutan dari pemanggilan sebelumnya.

"Iya benar (dipanggil lagi hari ini)," kata Whisnu kepada Alinea.id, Senin (11/7).

Pemanggilan tersebut dijadwalkan pukul 10.00 WIB. Menurut Kasubdit IV Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Kombes Andri Sudarmaji, keduanya sudah mengkonfirmasi akan menghadiri panggilan pemeriksaan tersebut.

"Datang, tunggu saja ya," ujarnya kepada Alinea.id.

Sebelumnya, Ahyudin dan Ibnu Khadjar menjalani pemeriksaan penyidik dengan dicecar 22 pertanyaan. Keduanya menjawab pertanyan terkait dengan legalitas filantropi ACT itu.

Sejauh ini Polri membeberkan pemeriksaan masih dalam kapasitas proses penyelidikan. Kendati demikian, dibeberkan proses tersebut untuk mendalami dugaan penyelewengan dana beberapa kegiatan, salah satunya santunan korban jatuhnya pesawat Boeing pada 2018.

ACT selaku lembaga yang ditunjuk untuk menyalurkan dana santunan kepada keluarga korban Boeing diduga tidak menyampaikannya. Padahal, santunan kepada ahli waris korban masing-masing sebesar US$144.500 atau setara dengan Rp2,06 miliar, serta bantuan nontunai berupa dalam bentuk dana sosial atau CSR dengan nilai serupa.

Sponsored
Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB
×
tekid