sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ketua BNPB: Indonesia mengalami 32 bencana, Per 22-28 Agustus 2022

Mengenai berbagai bencana yang terjadi selama bulan ini, Abdul mengimbau masyarakat agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

 Atikah Rahmah
Atikah Rahmah Selasa, 30 Agst 2022 21:17 WIB
Ketua BNPB: Indonesia mengalami 32 bencana, Per 22-28 Agustus 2022

Gempa bumi 6,4 telah mengguncang di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Senin (29/8/2022). Hasil analisis BMKG, bencana tersebut akibat lanjutan dari gua gempa kuat yang sebelumnya terjadi sejak dini hari, hingga Senin pagi.

Abdul Muhari, Ph.D. Plt, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meyakinkan masyarakat terkait kejadian tersebut,

“Rangkaian gempa pada Senin lalu, tidak memicu tsunami. Maka dari itu, masyarakat yang saat ini mengungsi di daerah perbukitan bisa kembali ke rumah masing-masing, bagi yang rumahnya tidak mengalami rusak struktur atau rusak berat akibat gempa,” imbaunya, pada sesi virtual tentang perkembangan penanganan gempa Mentawai, pada Selasa (30/8/2022).

Mengenai rangkaian bencana yang terjadi, Abdul menunjukkan hasil data BNPB. Per 22-28 Agustus 2022, telah terjadi 32 bencana yang melanda di wilayah Indonesia, sebanyak 94% merupakan kejadian bencana hidrometeorologi dan sebanyak 6% merupakan kejadian bencana geologi.

Sponsored

Kerusakan berat atau rusak struktur yang dimaksudnya seperti, patah tiang penyangga, kerusakan masif dinding, dan kerusakan penyangga atau penyusun rangka atas. Segera laporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) sekitar.

Mengenai berbagai bencana yang terjadi selama bulan ini, Abdul mengimbau masyarakat agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempa bumi susulan. Peringatan dini gempa bumi dapat dilakukan dengan menggunakan barang-barang di rumah. Lalu, pastikan tidak ada barang-barang besar seperti lemari, kulkas, meja, dan lainnya yang bisa menghalangi proses evakuasi keluar rumah saat terjadi gempa bumi.

Berita Lainnya
×
tekid