sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korlantas sarankan mudik lewat jalur pantai selatan

Korlantas cek kesiapan jalur selatan Jawa untuk mudik lebaran 2023.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Sabtu, 21 Jan 2023 20:27 WIB
Korlantas sarankan mudik lewat jalur pantai selatan

Korps Lalu Lintas (Korlantas) melakukan peninjauan jalur persiapan mudik Lebaran 2023. Secara khusus, peninjauan di jalur pantai selatan (pansela) pulau Jawa. 

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, jalur ini belum banyak kendaraan melintasi jalur pantai selatan pulau Jawa. Maka disebut, jalur ini bisa memecah volume kendaraan yang menuju wilayah timur untuk melaksanakan mudik.

"Sayang saja fasilitas ini tidak bisa dieksplore dan tidak disampaikan kepada masyarakat," kata Firman di Jembatan Kretek 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1).

Firman menyebutkan, pemandangan jalur ini sungguh indah dan bisa dinikmati. Ia telah memeriksa situasi jalan tersebut selama tiga hari.

"Tidak ada salahnya mereka yang akan berangkat terlebih dahulu bisa menikmati jalur pantai selatan jawa gitu ya," ujarnya.

Maka dari itu, untuk meyakinkan agar masyarakat yang mudik melintasi jalur pantai selatan Jawa, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda dan Kementerian terkait. 

"Semua harus bisa berkontribusi yang positif. untuk bagaimana masyarakat bisa kita yakinkan bahwa melalui selatan ini tidak ada ruginya, kita cinta indonesia kita cinta pemandangan, Tidak ada salahnya kita membangun juga yang ada," ujarnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri telah mengecek kondisi jalur tersebut. Kemenhub pun mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) di jalur Pantai Selatan (Pansela) untuk mengembangkan wisata. Hal itu agar masyarakat berminat memilih jalur tersebut untuk mudik.

Sponsored

"Nanti kita coba mendorong pemerintah daerah. Pemerintah daerah untuk aktif bagaimana menata dan mempromosikan wisata di jalur Pantai Selatan," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno kala meninjau jalur Pansela di Kabupaten Cianjur.

Hendro mengatakan ada 13 pantai sepanjang Jalur Pansela yang direncanakan jadi tempat wisata. Dia berharap pengembangan wisata bisa membuat jalur pantai selatan diminati pemudik sehingga mengurangi beban Tol Trans Jawa dan Pantura.

"Ini kan salah satu ini juga upaya untuk peningkatan destinasi wisata. Nanti kita di 13 pantai, pemerintah daerah juga kita dorong. Kalau jalur ini sudah bisa dilewati dengan baik, saya yakin nanti pertumbuhan wisata juga," ujar Hendro.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid