sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK akan atur cara berpakaian pegawainya

Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut aturan tersebut bakal disusun sebagai bagian dari upaya deradikalisasi.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 04 Nov 2019 21:29 WIB
KPK akan atur cara berpakaian pegawainya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengatur cara berpakaian para pegawainya. Tak hanya guna menunjukkan identitas sebagai penegak hukum, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, aturan tersebut bakal disusun sebagai bagian dari upaya deradikalisasi.

"Cara berpakaian itu kan penting. Supaya kita kelihatan independen, imparsial tidak distigma. Itu kan penting sebagai penegak hukum," kata Agus usai acara diskusi bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Saat ini, pegawai KPK tidak memiliki seragam resmi saat berkantor. Umumnya pegawai KPK hanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian rapi saat bertugas. Hanya petugas lapangan KPK yang biasanya menggunakan rompi yang seragam. "Ya, nanti kita rumuskanlah," ujar dia.


Di tempat yang sama, Kepala BNPT Suhardi Alius menganggap, cara berpakaian bukan indikator untuk menilai seseorang terpapar paham radikal. Hal itu, lanjut dia, hanya bisa dilihat dari pemikiran seseorang. 

Sponsored

"Tetapi, ini masalah aturan silakan. Masing-masing institusi memberikan aturan dan sebaiknya ditaati. Kalau setelah dari kegiatan yang kedinasan mau berpakaian, ya, silahkan. Tetapi, aturan dinas mesti dilaksanakan," terang Suhadi.

Dia mencontohkan seperti aparat kepolisian yang mempunyai pakaian dinas resmi saat bertugas. "Bagaimana (cara berpakaian) di KPK? Saya serahkan di pemimpin KPK. Tapi pemahaman itu harus utuh gitu," ujar Suhadi.

Perkara berpakaian pegawai lembaga dan kementerian sebelumnya menjadi polemik setelah Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyebut akan memberlakukan larangan penggunaan cadar bagi aparatur sipil negara di Kemenag. 

Berita Lainnya