sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK janji dalami temuan BPK soal uang negara masuk ke rekening pribadi di kementerian

KPK akan melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 22 Jul 2020 22:12 WIB
KPK janji dalami temuan BPK soal uang negara masuk ke rekening pribadi di kementerian
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 262022
Dirawat 60064
Meninggal 10105
Sembuh 191853

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami temuan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) soal aliran uang negara yang masuk ke rekening pribadi di kementerian.

"KPK akan mendalami apakah ada indikasi itu ada perbuatan pidana atau kesalahan administrasi," ujar Wakil Ketua KPM Nawawi Pomolango, saat konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (22/7).

KPK, kata Ghufron, tidak akan menindak jika terdapat kesalahan administrasi ihwal aliran dana tersebut. Jika kesalahan administrasi, kata dia, maka tatakelola administrasinya perlu diperbaiki.

"Tetapi kalau kemudian ada indikasi bahwa kesalahan administrasi itu disengaja dan kemudian diduga ada keuntungan pribadi, maka kemudian KPK tentu akan melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku," tegas dia.

Sponsored

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan lima kementerian atau lembaga menampung uang negara di rekening pribadi. Hal ini termuat dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019, yang diserahkan Ketua BPK RI Agung Firman kepada Presiden Joko Widodo, Senin (20/7).

Kementerian atau lembaga itu adalah adalah Kementerian Pertahanan, Kementerian Agama, Badan Pengawas Pemilu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Berita Lainnya
×
img