sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ma'ruf Amin minta anggota komcad tingkatkan pemahaman isu global

"Modal sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan, menuju Indonesia maju."

 Ghina Mita Yuniarsih
Ghina Mita Yuniarsih Kamis, 08 Sep 2022 21:55 WIB
Ma'ruf Amin minta anggota komcad tingkatkan pemahaman isu global

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta 2.974 orang yang ditetapkan sebagai komponen cadangan (komcad) meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk mempererat persatuan dan kesatuan.

"Modal sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan, menuju Indonesia maju," ujarnya dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komcad 2022 di Pusdiklatpassus, Batujajar, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (8/9).

Menurut Ma'ruf, ada 4 langkah dalam rangka memupuk modal sosial tersebut. Pertama, pelatihan pertahanan komcad didesain dalam perspektif yang luas serta menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman nontradisional.

Kedua, melakukan perkembangan terhadap narasi yang baik dalam komunikasi publik pada peran dan fungsi komcad. Lalu, melakukan terobosan inovatif guna mempromosikan bela negara kepada generasi muda.

Terakhir, meminta anggota komcad menjaga mandatnya seraya menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat setelah menyelesaikan pelatihan.

Anggota komcad yang dikukuhkan dibagi menjadi 5 batalyon, yang dilatih di masing-masing matra. Untuk matra darat, sekitar 450 orang menjalani pelatihan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) II/Sriwijaya serta masing-masing 500 orang di Rindam VI/Mulawarman dan di Rindam XIV/Hasanuddin.

Sementara itu, pelatihan matra laut digelar di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya dan diikuti 499 peserta. Adapun 500 orang lainnya menjalani pelatihan matra udara di Pusat Pendidikan dan Latihan Komando Pasukan Gerak Cepat  (Pusdiklat Kopasgat) Bandung.

Kemudian, 50 orang dilatih di Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Pusdik Kowad). Lalu, sebanyak 475 kadet Universitas Pertahanan (Unhan) di Unhan.

Sponsored
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid