sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mantan Menteri Tenaga Kerja meninggal dunia karena kanker Limfoma

Cosmas Batubara meninggal dunia setelah dua tahun bertahan dari penyakit yang dideritanya.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Kamis, 08 Agst 2019 11:33 WIB
Mantan Menteri Tenaga Kerja meninggal dunia karena kanker Limfoma

Mantan Menteri Tenaga Kerja era Presiden Soeharto, Cosmas Batubara, meninggal dunia pada Kamis, (8/8) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusmo (RSCM) Kencana karena kanker Limfoma. Informasi meninggalnya aktivis mahasiswa pada tahun 1966 itu disampaikan langsung melalui cucunya, Micahel Manurung. 

“Telah Berpulang ke Rumah Bapak di Surga Suami/Ayah/Opung yang kami Cintai Bapak Cosmas Batubara (Mantan Meteri Tenaga Kerja RI) pada Hari Kamis, 08 Agustus 2019 di Rumah Sakit Kencana,” tulis pesan yang disebarkan oleh Michael Manurung, cucu dari Cosmas Batubara, pada Kamis (8/8).

Jenazah Cosmas Batubara saat ini sudah disemayamkan di kediamannya yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat pada Kamis pagi. Dari informasi yang dihimpun, Cosmas telah bertahan selama dua tahun melawan kanker penyakit yang dideritanya itu. 

Dari pantauan di lapangan, karangan bunga memenuhi bagian depan dan area sekitar rumah almarhum. Ada di antaranya ucapan duka cita dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Cosmas Batubara lahir di Purbasaribu, Simalungun, 19 September 1938. Dia adalah politisi Partai Golkar yang pernah menempati beberapa posisi penting di pemerintahan dalam era Presiden Soeharto.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja, dia juga pernah memangku tugas sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat dan Menteri Negara Perumahan Rakyat. Ketiga posisi itu diembannya dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Pada masa mahasiswa, dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani.

Saat ini, dia menjabat sebagai petinggi di beberapa perusahaan seperti Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk, Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk, dan Komisaris PT Intiland Development Tbk.

Sponsored