sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id
Live Streaming

Mengaku teman, penipu via Whatsapp ini kuras uang belasan juta mantan jurnalis

Seakan baru bangun, Pipit tersadar ia telah diperdaya oleh penipu yang mengaku sebagai Rama itu.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Kamis, 23 Jun 2022 16:56 WIB
Mengaku teman, penipu via Whatsapp ini kuras uang belasan juta mantan jurnalis

Penipuan dengan modus rekan kerja menimpa Pipit setelah menerima telepon dari kenalannya yang mengaku bernama Rama dan memiliki nomor telepon Pipit dari media sosial Facebook. Pipit memang berteman dengan Rama saat keduanya menjalani profesi sebagai jurnalis namun Pipit tidak pernah mencantumkan nomornya di Facebook.

Pipit mengatakan, ia sempat kaget saat menerima chat dari aplikasi perpesanan Whatsapp dari kawan lamanya tersebut yang mengajak dirinya untuk berbisnis. Rama kemudian menghubungi Pipit lewat telepon dan memintanya menjadi rekan bisnis lelang dalam usaha yang dibangun dengan berinvestasi.

"Saya diminta bantu nego buat pembelinya yang telepon namanya Ashong. Terus dia bilang ada kendala harus transfer dulu ada Rp12 juta," kata Pipit saat dihubungi Alinea.id, Kamis (23/6).

Bak marketing sejati, Rama berhasil menjelaskan proyek yang tengah ia kerjakan. Pipit pun terpengaruh oleh bujuk rayu Rama.

Kendati ia mengaku tidak memiliki uang tersebut, Rama memintanya untuk berusaha mencari pinjaman. Alhasil, dari pinjaman yang didapat ia mentransferkan ke rekening yang diberikan oleh Rama.

"Saya percaya aja kan kenal lama, apalagi suaranya persis mirip banget," ujar Pipit.

Ketika merasa terpojok dengan transferan itu, Pipit kini tidak berdaya lagi. Ia mengaku sudah benar-benar tidak memiliki uang.

Seakan baru bangun, Pipit tersadar ia telah diperdaya oleh penipu yang mengaku sebagai Rama itu. Tuduhan itu kemudian dilontarkan kepada Rama.

Sponsored

"Pas saya bilang kalau dia nipu, nomor saya langsung diblokir. Sama si Ashong juga," ucap Pipit.

Pipit kemudian melaporkannya ke kepolisian untuk menindak perkara itu. Polsek Cibinong kemudian mencatatnya dan menerima dalam Laporan Polisi dengan nomor STPL/377/VI/2022/Sek.Cbn.

Meski hingga saat ini perkara tersebut belum menemui titik terang. Ia hanya ingin supaya perkara ini tuntas dan tidak ada lagi orang-orang yang terkena imbas.

"Saya yang penting pelakunya tertangkap aja," jelas Pipit.

Sementara itu, Rama sendiri menyesalkan atas kejadian ini menimpa kenalannya. Ia mengingatkan rekan lainnya supaya tidak percaya ada oknum yang mau meminjam uang dengan menggunakan namanya.

"Nama gue jadi kebawa dah tuh, sial banget tuh penipu," kata Rama kesal.

Berita Lainnya
×
tekid